alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Maret 2023
home lifestyle muslim detail berita

5 Cara Simpan Cabai Stok Ramadhan agar Tak Cepat Busuk

Suandri Ansah Sabtu, 18 Maret 2023 - 15:00 WIB
5 Cara Simpan Cabai Stok Ramadhan agar Tak Cepat Busuk
Cabai menjadi bahan makanan yang banyak dicari dan dipakai untuk olahan berbagai makanan. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID -, Jakarta - Menjaga kebutuhan stok dapur selama Ramadan tidak hanya terkait dengan membeli bahan makanan yang cukup, tapi juga menjaga kualitas dan kesegarannya agar bisa bertahan sepanjang bulan puasa.

Salah satu bahan makanan yang sering dibutuhkan dan perlu dijaga kesegarannya adalah cabai.

Cabai menjadi bahan makanan yang tidak bisa dilewatkan dalam setiap hidangan, mulai dari masakan berat hingga makanan ringan.

Baca juga: Ciptakan Taman Produktif di Rumah, Arsitek: Ganti Bugenvil ke Pohon Cabai

Oleh karena itu, mengetahui cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk sangatlah penting untuk memastikan stok dapur selama Ramadan tetap terjaga dengan baik.

Menyimpan cabai dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi tantangan. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah cepatnya busuk pada cabai, yang dapat membuatnya menjadi tidak layak konsumsi.Untuk itu, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menyimpan cabai agar tidak cepat busuk:

1. Tidak Mencuci Cabai

Terlalu banyak mencuci cabai sebelum menyimpannya dapat membuatnya cepat busuk. Hal ini karena air yang terlalu banyak dapat menyebabkan cabai menyerap kelembapan dan menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri pada cabai.

Baca juga: Cabai Rawit dan Telur Ayam Picu Inflasi Desember Tertinggi 2 Tahun Terakhir

Sebaiknya cukup membersihkan cabai dengan lap dan pastikan cabai benar-benar kering sebelum disimpan. Cucilah cabai terlebih dahulu jika ingin digunakan untuk memasakan menu buka puasa atau sahur.

2. Simpan di Tempat Kering dan Sejuk

Cabai sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk, serta terhindar dari sinar matahari langsung. Penyimpanan cabai yang terlalu lembab atau panas dapat mempercepat proses pembusukan.

Sebaiknya simpan cabai di dalam kantong plastik atau wadah kedap udara untuk mencegah masuknya udara dan kelembapan yang berlebihan.

3. Teknik Vakum

Jika ingin menyimpan cabai dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya gunakan teknik pengeringan atau pengasapan terlebih dahulu. Teknik ini bertujuan untuk mengurangi kadar air pada cabai dan membunuh bakteri serta jamur yang dapat merusak cabai.

Baca juga: Tips Menanam Cabai dalam Polybag agar Berbuah Lebat

4. Pengawetan Alami

Jika ingin menyimpan cabai dalam jangka waktu yang lebih lama, dapat dicoba cara pengeringan atau pengawetan dengan garam atau cuka. Meletakkan bawang putih di dalam kantung cabai juga bisa menjadi pengawet alami guna mencegah pembusukan cabai.

5. Periksa Kondisi Cabai

Sebaiknya cek secara berkala keadaan cabai yang disimpan, dan buang cabai yang terlihat busuk atau terdapat tanda-tanda kerusakan lainnya. Hal ini dapat membantu mencegah penyebaran jamur atau bakteri ke cabai yang masih sehat.

Dengan melakukan beberapa tips di atas, diharapkan cabai dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama dan tetap segar serta tidak cepat busuk.

Selain itu, penting juga untuk selalu memperhatikan kondisi dan kebersihan cabai sebelum dikonsumsi, agar terhindar dari penyakit atau keracunan makanan yang dapat membahayakan kesehatan.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Maret 2023
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:02
Ashar
15:14
Maghrib
18:04
Isya
19:13
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan