Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 28 Maret 2024
home masjid detail berita

Potensi Zakat di Indonesia Bisa Makmurkan Masyarakat

Muhajirin Sabtu, 15 April 2023 - 22:00 WIB
Potensi Zakat di Indonesia Bisa Makmurkan Masyarakat
Ketua Baznas RI 2020-2025, Prof. KH. Noor Achmad.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Ketua Baznas RI 2020-2025, Prof. KH. Noor Achmad, menjelaskan, dalam survei Baznas, potensi zakat di Indonesia mencapai Rp327 triliun. Jika semua dana itu dikumpulkan, maka sudah bisa memakmurkan masyarakat Indonesia.

Prof Noor mengungkapkan, perintah membayar zakat termaktub dalam Surah At-Taubah ayat 103. Allah Ta’ala berfriman: “Ambillah zakat dari harta mereka (guna) menyucikan dan membersihkan mereka, dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS At-Taubah:103)

Menurut KH Noor, ayat di atas terkait perintah memungut zakat. Dalam hal ini, pemerintah yang diberi beban perintah untuk memungut zakat dari orang-orang kaya. Itu karena pada saat ayat itu diturunkan, tentu saja Rasulullah SAW yang bertanggungjawab atas zakat umat Islam.

Di Indonesia ada Baznas. Baznas adalah lembaga pemerintah nonstruktural yang ditugasi untuk melakukan pengelolaan zakat. Dasar kinerja Baznas adalah dalam rangka bersama-sama menyelamatkan umat manusia. Orang yang berzakat akan dibersihkan dan disucikan oleh Allah Ta’ala.

Baca juga:Bolehkan Bayar Zakat Fitrah Secara Digital?

“Jadi kita semuanya insyaallah pembayar-pembayar zakat ini akan di sucikan oleh Allah, melalui orang-orang yang memungut zakat tadi. Maka perintah berikutnya adalah "wa ?alli ‘alaihim, inna ?al?taka sakanul lahum, (dan doakanlah mereka karena sesungguhnya doamu adalah ketenteraman bagi mereka)," ujar KH Noor.

Hal itu karena setiap harta yang dimiliki tentu saja ada bagian dari orang lain. Allah berfirman dalam Al-Qur'an surat Az-Zariyat ayat 19 yang artinya "Pada harta benda mereka ada hak bagi orang miskin yang meminta dan yang tidak meminta." (QS Az-Zariyat: 19)

Ada satu keyakinan dalam diri, bahwa dalam setiap harta itu harus dinyatakan ada hak orang lain yang meminta atau tidak meminta tapi butuh. Orang-orang yang disebutkan dalam Al-Qur'an surah Az-Zariyat ayat 34:

Artinya: “Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa (disediakan) surga-surga yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.” (QS Az-Zariyat: 34)

KH Noor menerangkan, kekuatan orang yang membayar zakat akan menjadi tenang. Survei Baznas, orang yang bersedekah dan berzakat hatinya menjadi tenang. Kehidupan keluarg mereka juga tenang.

“Kehidupan karirnya juga sangat tenang, sehingga itu menjadi proses kesuksesan dalam kehidupan keluarga ataupun dalam kehidupan pekerjaannya,” ujar KH Noor.

Muzakki Didominasi Anak Muda
KH Noor menyebutkan survei Baznas yang menunjukan potensi zakat yang Rp327 triliun. Namun, saat ini Baznas baru bisa mengumpulkan Rp22,4 triliun. Masih ada potensi yang belum terkumpulkan.

“Tapi yang menggembirakan justru banyaknya muzzaki, banyaknya orang-orang yang berinfak (munfiq) dari kalangan generasi muda. Rata-rata generasi muda naiknya ribuan persen, kemarin tahun 2021 muzzaki kami itu hanya 750 ribu pusat, ternyata sekarang ini sudah 3 juta lebih,” tutur KH Noor.

Dia menjelaskan, jika di dalam satu keluarga ada anak yang rajin untuk berinfak, akan menjadi teladan dan contoh baik bagi kehidupan keluarga tersebut. Maka itu, penting para orang tua mendidik anaknya untuk berinfak.

:Dengan mengajari berinfak, insyaallah survei menunjukkan bahwa hal itu menjadikan keluarga itu baik. Begitu juga saat suami istri berinfak subuh, alhamdulillah kehidupannya juga menjadi baik,” tutur KH Noor.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 28 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:03
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan