Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 26 Mei 2024
home wisata halal detail berita

Gereja Berusia 150 Tahun Terbengkalai di Inggris, Diubah Jadi Masjid Mewah

Muhajirin Kamis, 18 Mei 2023 - 10:00 WIB
Gereja Berusia 150 Tahun Terbengkalai di Inggris, Diubah Jadi Masjid Mewah
Masjid-e-Taqwa nampak megah. Dulu merupakan bangunan gereja yang berusia 150 tahun tapi terbengkalai
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Sebuah bangunan gereja di Blackbrun, Inggris diubah menjadi masjid mewah karena sudah lama terbengkalai. Gereja tersebut diperkirakan dibangun sekitar tahun 1870.

Gereja itu kemudian direnovasi besar-besaran setelah beberapa dekade tidak digunakan. Masyarakat muslim di sana menamai masjid tersebut dengan Masjid-e-Taqwa. Masjid itu sudah digunakan untuk shalat Jumat pekan lalu.

Menariknya, meski diubah menjadi masjid, fitur asli gereja tidak dihilangkan. Fitur asli tetap dipertahankan lalu didesain agar sesuai dengan rumah ibadah umat Islam.

"Kami mencoba untuk mempertahankan fitur asli bangunan dan mencoba untuk memasukkan ini ke dalam desain baru," kata jurubicara masjid, dikutip About Islam, Kamis (18/5/2023).

Baca juga:BWI Minta Pemerintah Terbitkan Payung Hukum Pengelolaan Wakaf BLU

Renovasi paling menonjol terdapat di aula shalat. Ada balok kayu merupakan fitur yang paling menentukan. Pintu dan lengkungan juga merupakan memberikan ciri khas dan memberikan karakter unik pada masjid tersebut.

"Kami mengundang orang-orang yang tinggal di daerah tersebut untuk melihat sendiri transformasi dan kami senang mendengar komentar mereka," kata jurubicara itu.

Masjid baru itu bisa menampung 180 jamaah dan mencakup ruang shalat di atas dua lantai dilengkapi area wudhu. Di luar masjid, terdapat halaman untuk tempat parkir mobil, fitur pencahayaan dan lanskap yang membuat bangunan tersebut kembali hidup.

"Ini adalah bangunan yang sangat berkualitas tinggi sekarang dan mereka telah benar-benar meningkatkan ini dari sebelumnya. Itu indah. Saya belum pernah melihat yang seperti itu," kata seorang penduduk lokal Brian, yang mengunjungi masjid.

Pemimpin Blackburn dengan Dewan Darwen CIlr Phil Riley mengunjungi masjid tersebut baru-baru ini. Dia memuji renovasi masjid yang sangat mengesankan.

"Betapa indahnya bangunan itu dan penghargaan atas upaya yang telah dilakukan semua orang. Ini adalah bangunan semi-derelict untuk jangka waktu tertentu dan sekarang menjadi bangunan yang benar-benar indah. Pekerjaan telah dilakukan dengan begitu berkualitas. Ini benar-benar mengesankan untuk komunitas lokal," kata Riley.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 26 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan