Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home sosok muslim detail berita

Diberi Gelar Doktor, UAH: Pendidikan Islam Bisa Lahirkan Negara Maju

Muhajirin Rabu, 31 Mei 2023 - 08:11 WIB
Diberi Gelar Doktor, UAH: Pendidikan Islam Bisa Lahirkan Negara Maju
Ustadz Adi Hidayat (dua kiri) dan Ketua PP Muhamadiyah Haedar Nashir (dua kanan) saat penganugerahan Doktor Honoris Causa (HC) dari Universitas Muhammadiyah Jakarta
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menganugerahi Ustadz Adi Hidayat (UAH) gelar kehormatan akademik, Doktor Honoris Causa (HC) Manajemen Pendidikan Islam.

Dalam acara pengukuhan, UAH menyampaikan orasi ilmiah berjudul "Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Al-Qur'an dan Sunnah, serta Implementasinya Menuju Pendidikan Berkemajuan".

UAH menjabarkan, pendidikan Islam berbasis Al-Qur'an dan Sunnah merupakan satu-satunya alternatif bagi umat muslim mewujudkan tujuan Islam serta penunaian tugas manusia di muka bumi sebagai khalifatullah fil ardh. Maka itu, diperlukan manajemen tarbiyah (pendidikan) yang shahih.

Sepanjang sejarah, para nabi sejak Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW, nilai-nilai Islam telah diinternalisasi ke dalam diri mereka. Itu untuk membimbing umat manusia menciptakan kehidupan dunia yang ideal dan damai.

Setelah Rasulullah SAW wafat, nilai-nilai utama itu telah disisipkan di dalam Al-Qur'an sebagai pedoman. Para ulama di berbagai periode berikutnya mengkodifikasikan nilai-nilai Al-Qur'an dan Sunnah sebagai pedoman utama menjawab problematikan kehidupan sekaligus menuntun pada peradaban utama yang tinggi.

Baca juga:Kisah Jemaah Haji Usia 100 Tahun, Rela Jual Tanah Demi ke Tanah Suci

Dari Al-Qur'an, para ulama mampu menyusun jawaban atas persoalan pendidikan, tata niaga, pengembangan IPTEK, tata negara, hukum pidana, hukum acara, hingga strategi militer yang semuanya terekam dalam sejarah kegemilangan peradaban Islam di berbagai belahan dunia.

Pada masanya, Nabi Muhammad SAW tidak sekadar mengajarkan Al-Qur'an sebagai bacaan, melainkan juga mengajarkan makna dan implementasinya yang saling terkoneksi dengan aktivitasnya di muka bumi.

Kesuksesan manajemen pendidikan Islam ini tersirat dari kesuksesan Nabi Muhammad SAW membentuk 40 orang generasi awal Islam di Makkah. Kemudian berkembang menjadi 12.000 kaum muslimin di Yatsrib dan mengubah masyarakat Arab dari Jahiliah menjadi beradab.

Dalam waktu 23 tahun, Nabi juga berhasil melahirkan 38 panglima. Termasuk melahirkan pemimpin, birokrat, ulama, dan 5 saudagar terkaya yang tiga di antaranya memiliki kekayaan luar biasa jika dikonversi dengan mata uang saat ini (Ustman bin Affan 850 Juta USD, Zubair bin Awwam 1 M USD, dan Abdurrahman bin Auf yang memiliki kekayaan 3.2 M USD atau setara dengan Rp. 72.000 Triliun).

Baca juga:Tiap Pekan Masjid Agung Granada Bimbing Muallaf Bersyahadat

Kurikulum dan manajemen pendidikan Islam ini berlaku di setiap zaman. Di bawa kemanapun, model pendidikan seperti ini kata dia selalu melahirkan peradaban. Termasuk salah satu contohnya adalah Muhammadiyah. KH Ahmad Dahlan pun hanya mengeluarkan satu surah dalam Al-Qur'an, yaitu Surat Al-Ma’un.

"Dengan value surah-surah itu dan paham sunnah-sunnah nabinya, itulah yang mengeluarkan kemuliaan-kemuliaan Amal Usaha Muhammadiyah yang berwujud PKU, panti-panti yatim, pusat-pusat pendidikan, dan dari 1 ayat Ali Imran ayat 3, lahirlah Persyarikatan Muhammadiyah yang abadi melewati satu abad sampai masa kini,” terang UAH.

Inspirasi dari Al-Qur'an inilah patut diimplementasikan lewat manajemen yang tepat. Sebelum menyampaikan hal ini, UAH telah memberikan contoh lewat kesuksesan beragam lembaga pendidikan yang telah dia rintis.

“Dan kalau kita rumuskan ayat-ayat inilah yang bisa jadi value, melahirkan negara-negara maju dan mencerahkan, mendapatkan ridha Allah Swt,” ujar UAH.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan