LANGIT7.ID-, Jakarta- - Menteri Perdagangan,
Zulkifli Hasan menyebut produk modest fashion menyumbang 3,5 persen pada ekspor nonmigas Indonesia pada 2022. Menurut Zulkifli Hasan, di tahun tersebut, ekspor produk modest fashion Indonesia tumbuh 12,6 persen dibanding 2021.
Dia menambahkan, tren ekspor produk modest fashion selama lima tahun terakhir (2018-2022) juga tercatat positif 2,6 persen.
Selain itu, konsumsi modest fashion dunia diproyeksikan meningkat 6,1 persen dalam lima tahun hingga mencapai 375 miliar dolar AS pada 2025.
"Untuk meraih peluang ekspor modest fashion Indonesia ke pasar global, Kemendag menggagas pelaksanaan Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) sejak 2021," lanjutnya.
Baca juga:
Cek 4 Rekomendasi Tampil Cantik dan Modis, Nggak Perlu MahalJMFW menjadi wadah untuk mempromosikan modest fashion Indonesia dengan berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan di sektor modest fashion.
"Saya optimis, dengan segala upaya yang kita lakukan bersama-sama ditunjang dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta sumber daya manusia yang dimiliki, modest fashion Indonesia tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tetapi juga dapat menguasai pasar global," jelas Zulkifli Hasan.
Sementara itu, Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, Juan Permata Adoe mengatakan, industri modest fashion memiliki efek berganda (multiplier effect) dalam memajukan industri lainnya seperti industri kosmetik, obat-obatan, dan jamu.
“Saat ini modest fashion Indonesia menempati peringkat ke-5. Ini harus kita tingkatkan lagi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan terus berlanjut setiap tahunnya karena kami yakin kegiatan ini memberikan dampak positif bagi industri lainnya,” ujar Juan.
Pada acara puncak, JMFW 2024 akan menampilkan rangkaian kegiatan seperti peragaan busana (trunk show), pameran dagang(trade show), dan penjajakan bisnis (business matching).
Baca juga:
Kriteria Capres-Cawapres Ideal Versi MuhammadiyahAjang JMFW 2024 dimeriahkan dengan parade busana yang menampilkan karya 10 desainer yaitu Lisa Fitria, Danjyo Hiyoji, Kami., Buttonscarves, Nada Puspita, Aldrie, Artkea Bloom, Kursien Karzai, Brilianto, dan Ayu Dyah Andari.
Sebelumnya, JMFW 2023 menampilkan 144 desainer/jenama dengan lebih dari 1.000 koleksi. Pelaksanaan JMFW 2023 berhasil membukukan transaksi dagang sekitar Rp206,6 miliar dari 16 negara antara lain Malaysia, Spanyol, Yaman, Portugal, dan Nigeria.
(ori)