Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home sports detail berita

Reaksi Pesepakbola Muslim dan Fans atas Insiden Pembakaran Alquran di Swedia

Muhajirin Rabu, 05 Juli 2023 - 07:15 WIB
Reaksi Pesepakbola Muslim dan Fans atas Insiden Pembakaran Alquran di Swedia
Wasit, pemain, dan penggemar dalam pertandingan sepak bola Liga Irak mengangkat mushaf Al-Quran sebagai protes terhadap insiden pembakaran kitab suci di Swedia
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Wasit, pemain, dan penggemar dalam pertandingan sepak bola Liga Irak mengangkat mushaf Al-Qur'an sebagai protes terhadap insiden pembakaran kitab suci di Swedia. Insiden tersebut telah memicu kemarahan dan kecaman di seluruh dunia.

Dalam sebuah pertandingang yang mempertemukan Al-Shorta dan Al-Qasim, tampak pemain sampai penonton memegang Al-Qur’an. Aksi itu dilakukan di tengah salju yang penuh gairah dan cinta. Tampak pula para penggemar memeluk erat dan Mencium mushaf Al-Qur’an.

Mengutip Aaj News, banyak penggemar mengikuti aksi mulia tersebut, memegang salinan Al-Qur'an. Sekelompok penggemar juga mengangkat spanduk bertuliskan: "Al-Qur'an adalah hukum abadi kami, dan mempertahankannya adalah wajib bagi setiap Muslim."

Tindakan protes yang luar biasa ini terjadi setelah insiden provokatif yang terjadi di Swedia, ketika seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai pengungsi dari Irak membakar sebuah Alquran di luar masjid pusat di Stockholm.

Baca juga:Fadli Zon Kembali Mengecam Aksi Pembakaran Al-Quran di Swedia

Insiden tersebut, jelas disetujui oleh otoritas Swedia, telah memicu kemarahan kecaman dan protes di seluruh dunia Arab dan Muslim, dengan beberapa negara termasuk Irak, Turki, UEA, Yordania dan Iran memanggil duta besar Swedia.

Uni Eropa juga mengutuk pembakaran Alquran sebagai tindakan ofensif, tidak sopan, dan jelas merupakan tindakan provokasi. Simbolisme yang kuat dari protes tersebut telah menjadi berita utama di media Irak dan akhirnya menjadi viral di media sosial.

Aksi pembakaran dan merobek Al-Qur'an dilakukan oleh Salwan Momika, seorang warga Irak berusia 37 tahun yang melarikan diri ke Swedia beberapa tahun lalu. Aksi pembakaran itu dilakukan saat umat Islam merayakan Idul Adha.

Mengutip Reuters, aksi pembakaran tersebut disaksikan 200 orang di lokasi. Al-Qur'an tersebut dirobek, digunakan untuk menyeka sepatu pria tersebut, lalu dibakar. Seseorang lainnya berteriak melalui megafon.

Hal ini membuat umat Islam tidak terima. Secara bersamaan mereka teriakan Allahu Akbar. Salah satunya mencoba melemparkan batu dan kemudian ditahan oleh polisi setempat. Perwakilan masjid kecewa dengan keputusan polisi untuk mengizinkan protes pada hari raya Idul Adha.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan