Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 22 Februari 2024
home masjid detail berita

Masjid Berusia 500 Tahun di Kosovo, Situs Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah

Muhajirin Sabtu, 22 Juli 2023 - 15:15 WIB
Masjid Berusia 500 Tahun di Kosovo, Situs Peninggalan Kesultanan Utsmaniyah
Salah satu sudut Xhamia e Hadumit atau Masjid Hadum di Gjakova, Kosovo dibangun pada dekade terakhir abad ke-16 (1594-1595)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Xhamia e Hadumit atau Masjid Hadum di Gjakova, Kosovo dibangun pada dekade terakhir abad ke-16 (1594-1595). Masjid peninggalan Kesultanan Utsmaniyah itu dibiayai oleh Hadum Sylejman Efendia-Hadum Aga dan dibangun di atas tanah milik Jakë Vula yang terletak di Old Bazaar.

Masjid berbentuk persegi panjang itu memiliki bentuk klasik gaya Islam-Kosovar. Di sekitar masjid terdapat makam dengan dekorasi pahatan dan diukir dengan julukan dalam bahasa Ottoman kuno. Makam tersebut adalah milik keluarga yang paling dihormati di Gjakova.

Pintu masuk ditutupi dengan lukisan bunga, bentuk geometris, kutipan dari ayat Al-Qur'an dan syair Arab. Pada 1999, kompleks di sekitarnua terbakar dan hanya menyisakan masjid, menara, kaligrafi Arab yang rusak yang selamat.

Pada 2000, Saudi Joint Relief Committee mendapat izin untuk memulihkan kompleks tersebut. Renovasi dimulai dengan membuldoser perpustakaan dan sekolah agama yang sudah rusak. Tujuan dari “pemugaran” ini adalah untuk membersihkan semua bangunan di sekitar masjid dan membangun pusat keagamaan baru.

Akan tetapi, lantaran kesulitan menemukan pengrajin yang terampil dan bahan yang bagus, pemugaran dihentikan pada 2002. Pada 2003, Cultural Heritage without Borders atas permintaan KCHP mengambil alih pemugaran Masjid Hadum.

Tahap pelaksanaan meliputi pemugaran menara yang rusak, kubah, serambi, jendela, fasad dan pembangunan perpustakaan. Proses ini selesai pada 2005.

Arsitektur masjid ini adalah salah satu yang paling menarik di Kosovo. Masjid itu memiliki bentuk klasik gaya Islam-Kosovar. Masjid ini memiliki ruang shalat, lobi, dan menara. Ini adalah bangunan khas yang dipengaruhi budaya Ottoman.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 22 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:10
Ashar
15:18
Maghrib
18:17
Isya
19:27
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan