Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home masjid detail berita

Masya Allah, Lembaga Zakat Inggris Kumpulkan Dana Ziswaf 7,7 Juta Poundsterling

Muhajirin Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:00 WIB
Masya Allah, Lembaga Zakat Inggris Kumpulkan Dana Ziswaf 7,7 Juta Poundsterling
National Zakat Foundation (NZF) mengumpulkan jumlah zakat tertinggi dalam 11 tahun beroperasi di Inggris
LANGIT7.ID-, Jakarta- - National Zakat Foundation (NZF) mengumpulkan jumlah zakat tertinggi dalam 11 tahun beroperasi di Inggris. Penyaluran bantuan dari dana umat tersebut juga mencapai rekor tertinggi. Padahal, kenaikan dana tersebut terjadi di tengah krisis biaya hidup dan kenaikan harga energi.

Dalam laporan tahunan, NZF menghasilkan total pendapatan dana Ziswaf (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) sebesar 7,7 juta poundsterling dibandingkan 6,3 juta poundsterling pada 2021. Sumber pendapatan utama adalah Zakat, sebesar £6,1 juta.

Kelompok ini membantu 17.000 Muslim yang membutuhkan di Inggris, naik dari 11.100 pada tahun sebelumnya.

"Kami menerima sejumlah aplikasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, didorong oleh krisis biaya hidup yang semakin dalam dan kenaikan harga energi. Meskipun kita semua terpengaruh oleh krisis biaya hidup, masyarakat yang paling miskin di antara kita sangat terpengaruh oleh biaya makanan dan tagihan bahan bakar yang terus meningkat," kata NZF dalam laporannya, dikutip Islam Channel, Selasa (15/8/2023).

Para penerima dana zakat terdiri dari keluarga Muslim dan orang tua tunggal yang membutuhkan. Selain itu, juga termasuk ribuan pengungsi Muslim dan pencari suaka yang meninggalkan situasi sulit di luar negeri - termasuk Suriah, Sudan, dan Yaman.

Baca juga:KH Miftachul Akhyar: Manusia Diciptakan untuk Proyeksi Akhirat

"Para pemberi zakat, organisasi, dan mitra telah memungkinkan NZF untuk mendukung banyak orang yang mengalami kesulitan, termasuk para pemimpin agama yang baru muncul dan para pejuang masyarakat lainnya yang memenuhi syarat untuk menerima zakat," kata NZF.

NZF mengungkapkan, para mustahik atau peneriman bantuan merasa terbantu dengan adanya dana tersebut. Mereka mengucapkan rasa terima kasih mendalam kepada para muzakki dan para dermawan.

"Para penerima yang telah menerima dukungan ini dan merasakan kekuatan Zakat secara langsung sering meminta kami untuk membagikan rasa terima kasih yang tulus kepada mereka yang telah memungkinkannya, yaitu para pemberi Zakat yang telah memilih untuk berzakat melalui NZF," tutur NZF.

Pendistribusian Zakat
Pada 2022, NZF mendistribusikan lebih dari £5,5 juta Zakat, meningkat dari £3,8 juta pada 2021. Sebagian besar pemberi Zakat melakukan pembayaran satu kali daripada kontribusi reguler. 75% dari pendapatan tersebut berasal dari bulan Ramadhan.

NZF mengatakan, hal ini menyebabkan masalah karena orang-orang mengajukan Zakat sepanjang tahun. Hal ini berarti sering terjadi kesenjangan waktu yang besar antara pendapatan Zakat dan pemberian Zakat.

"Melalui Zakat Anda, Muslim yang mencari bantuan dari kesulitan, Muslim yang mencari bantuan perumahan, dan Muslim yang ingin mengubah situasi mereka melalui investasi dalam pekerjaan atau kesempatan pendidikan telah menemukan bantuan dari komunitas kami. Para penerima Zakat Anda sekarang merasa lebih dekat dengan komunitas dan lebih kuat dalam keimanan," ucap NZF.

NZF terus meningkatkan layanan penyaluran zakat, termasuk memulai program percontohan untuk penyaluran zakat melalui mitra komunitas, yang kemudian memberikan akses kepada pengguna untuk mendapatkan layanan penting lainnya yang disediakan oleh para mitra tersebut.

"Hasil awal menunjukkan bahwa ini adalah model yang sukses untuk mempromosikan solidaritas di tingkat komunitas, memastikan penerima mendapatkan komunitas yang mendukung ketika mengakses bantuan Zakat. Kami ingin memperluas program percontohan ini di tahun mendatang," kata NZF.

NZF telah membangun pendidikan Zakat dengan fokus baru pada advokasi, sehingga NZF menjadi suara terpercaya yang "mewakili kebutuhan, perjuangan, dan kontribusi komunitas Muslim untuk menginformasikan kebijakan dan membentuk opini publik."

Upaya ini telah membuat NZF berpartisipasi dalam diskusi dengan Pemerintah, termasuk Departemen Penyetaraan, Perumahan dan Komunitas dan Kantor Kabinet. Pada tahun mendatang, NZF ingin meningkatkan kesadaran Zakat di masyarakat, yang berarti memperluas kemitraan masyarakat untuk mendistribusikan Zakat.

"Kami akan terus mengedukasi umat Islam dan masyarakat lainnya di Inggris mengenai Zakat dan pentingnya Zakat dalam pengembangan iman dan redistribusi kekayaan," tutur NZF.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan