Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home home & garden detail berita

5 Tanaman Hias Penyerap Polutan dan Penyegar Udara dalam Ruangan

esti setiyowati Selasa, 15 Agustus 2023 - 19:15 WIB
5 Tanaman Hias Penyerap Polutan dan Penyegar Udara dalam Ruangan
Aloe merupakan salah satu tanaman hias yang dapat menyerap polutan dan pengegar udara ruangan.Foto/ist
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Kualitas udara di wilayah Jabodetabek menjadi sorotan pemerintah dan masyarakat sepekan ke belakang. Platform informasi kualitas udara, IQAir menyebut indeks kualitas udara di Jakarta pada Senin (14/8/2023) dan Selasa (15/8/2023) ada di angka 153 dengan keterangan tidak sehat.

Presiden Joko Widodo, melalui Instagram terverifikasi, menyebut beberapa faktor penyebab kualitas udara buruk. Di antaranya, kemarau panjang selama tiga bulan terakhir yang menyebabkan peningkatan konsentrasi polutan tinggi, faktor pembuangan emisi dari transportasi, dan kegiatan industri di Jabodetabek.

Kondisi ini tentu berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Kualitas udara yang buruk dapat berpengaruh pada kambuhnya berbagai penyakit pernafasan seperti asma, sinus, bronkitis, dan lainnya.

Salah satu cara paling mudah dilakukan untuk menekan tingkat polusi udara, yaitu melalui tanaman hias. Tak hanya berfungsi membersihkan udara kotor, beberapa tanaman di bawah ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental sekaligus memberi rasa nyaman.

Baca juga:Efektifkah WFH Atasi Polusi Udara di Jakarta?

Berikut 5 tanaman hias yang bisa meningkatkan kualitas udara di rumah:

1. Beringin
Salah satu tanaman hias yang bisa membersihkan udara adalah beringin. Tanaman ini disebut mampu menjadi pemurni udara terbaik, dan efektif membersihkan racun udara seperti formaldehida, xylene, dan toluena.

Untuk menjadi pemurni udara yang maksimal, letakkan tanaman hias ini di dalam ruangan. Selain udara segar, Anda juga dapat menikmati kecantikannya.

2. Lidah buaya
Dikenal sebagai wonder plant atau tanaman ajaib, lidah buaya mempunyai banyak manfaat kesehatan hingga kecantikan.

Selain itu, lidah buaya dipercaya juga bisa memurnikan udara karena dianggap mampu mengangkat polutan. Biasanya lidah buaya melepaskan oksigen saat malam hari.

3. Lili Paris
Merawat Lili Paris terbilang mudah dengan menaruhnya di dalam ruangan. Dikenal juga sebagai tanaman penghasil oksigen, Lili Paris bisa menyaring karbon monoksida, formalin dan benzene.

Letakkan tanaman hias ini di ruang tamu atau sudut-sudut ruangan lain agar udara bersih dan segar. Di samping memurnikan udara, tanaman ini juga dipercaya dapat menghilangkan stres.

4. Palem Kuning
Palem kuning adalah salah satu tanaman indoor terbaik dalam menyerap polutan udara. Kemudian, jenis palem ini juga bisa membantu pertumbuhan janin dan anak-anak dan memperkuat sistem saraf.

5. Lidah Mertua
Tanaman hias lain yang dapat memurnikan udara di dalam ruangan adalah Lidah Mertua. Bisa dibilang tanaman hias ini menjadi favorit saat pandemi lalu.

Tak hanya mampu membersihkan racun-racun di udara, lidah mertua dipercaya juga bisa menyerap CO2 di dalam ruangan. Sehingga kualitas udara pun menjadi lebih baik dan segar.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan