Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

2.154 Mahasiswa Baru Unusa Dikukuhkan

tim langit 7 Rabu, 13 September 2023 - 13:00 WIB
2.154 Mahasiswa Baru Unusa Dikukuhkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010-2014, Prof Dr. Ir. Mohammad Nuh DEA memberi kuliah perdana pada mahasiswa baru Unusa.
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Sebanyak 2.154 mahasiswa baru Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tahun akademik 2023-2024 dikukuhkan, Selasa (12/9/2023). Acara pengukuhan diisi dengan kuliah umum dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2010-2014, Prof Dr. Ir. Mohammad Nuh DEA.

Mahasiswa baru yang dikukuhkan tersebut berasal dari 20 Program studi yang dimiliki Unusa, mulai dari prodi-prodi vokasi, akademik, profesi dan Program Studi Magister Keperawatan Terapan. Dari mahasiswa baru itu terdapat mahasiswa asing, yakni dari Timor Leste 8 mahasiswa dan dari Filipina 4 mahasiswa.

Selain pengukuhan mahasiswa baru, acara ini juga digabung dengan penerimaan program pertukaran mahasiswa dari kampus lain (inbond). Tahun ini sebanyak 61 mahasiswa dari 23 PTN-PTS kampus lain mengikuti kuliah di Unusa. Mereka akan belajar di sembilan program studi.

Baca juga:Buya Yahya Ajak Masyarakat Ambil Bagian dalam Pembangunan Pondok Pesantren

Sementara itu, mahasiswa Unusa mengikuti pertukaran mahasiswa yang kuliah di kampus lain (outbond) tahun ini berjumlah 17 mahasiswa, sedang satu mahasiswa Unusa berhasil diterima dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di Hongaria.

Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan dan Akademik, Prof Kacung Marijan, Ph.D., mengatakan bahwa terkait dengan Renstra UNUSA tahun 2023-2028, sejak tahun lalu Unusa telah menerima mahasiswa asing dan terus meningkatkan kerjasama dikawasan regional.

“Tahun ini dari dua ribu lebih mahasiswa yang dikukuhkan ada 12 mahasiswa asing yang belajar di beberapa program studi. Sementara mahasiswa asal Indonesia bukan hanya dari Jawa Timur melainkan juga berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia,” katanya.

Rektor Unusa Prof Dr Ir Achmad Jazidie M.Eng, mengajak mahasiswa baru Unusa untuk belajar dan ikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan pimpinan perguruan tinggi, dekan atau program studi.

“Tapi jangan lupa pula untuk aktif membangun jejaring dan mengikuti berbagai unit kegiatan kemahasiswaaan. Sebagai upaya untuk menyiapkan generasi rahmatan lil alamin, Unusa tidak hanya menuntut nilai akademik yang bagus tetapi juga di berbagai kegiatan non-akademik untuk memperkuat kamampuan soft-skil, dan juga menambah kemampuan ketrampilan lainnya. Karena itu, di Unusa kami sudah lama memberlakukan satuan kredit prestasi (SKP),” katanya.

Rektor juga menyampaikan bahwa terhitung mulai tahun tahun akademik sekarang ini, mahasiswa Unusa yang akan lulus dan menyelesaikan studinya akan memperoleh satu sertifikat kompetensi sesuai dengan program studinya secara gratis.

Unusa telah menyiapkan sedikitnya 33 skema komptensi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang telah terlisensi oleh Badan Nasional Sertifikasi Indonesia (BNSP).

Rektor perlu menyampaikan di depan mahasiswa baru, untuk memotivasi mahasiswa baru bahwa Unusa bukanlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang biasa-biasa saja, tapi PTS yang luar biasa.

Baca juga:Unusa Digandeng Coca Cola Indonesia Sukseskan Recycle Sampah di Jawa Timur

“Dalam bidang akademik pada tahun ke-10 ini Unusa telah mencatatakan diri di peringkat pertama dalam capaian publikasi Scopus diantara perguruan tinggi di lingkungan Nahdlatul Ulama dan seorang dosen di Unusa tercatata sebagai 2 persen dari sacientis dunia.

Menurut Webometrik juli 2023, Unusa telah menempati urutan ke-9 dari PTS terbaik di Indonesia dan peringkat ke-38 dari seluruh PTS PTN di Indonesia,” katanya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan