Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 17 Mei 2024
home global news detail berita

Penyebab Lantai Masjidil Haram Selalu Dingin Meski Suhu di Mekkah Sangat Panas

esti setiyowati Rabu, 13 September 2023 - 21:00 WIB
Penyebab Lantai Masjidil Haram Selalu Dingin Meski Suhu di Mekkah Sangat Panas
Meski cuaca di Kota Mekkah sangat panas namun lantai Masjidil Haram tetap dingin dan sejuk.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Meski cuaca di Kota Mekkah sangat panas namun lantai Masjidil Haram tetap dingin dan sejuk. Hanya saja, banyak pengunjung yang tidak menyadari akan hal ini.

Mayoritas jamaah atau pengunjung mengira karena adanya sistem penyejuk ruangan bawah tanah yang membuat lantai Masjidil Haram tetap dingin.

Namun, tahukah Anda ada alasan utama dari sejuknya lantai Masjidil Haram?

Pada tahun 1398, Raja Khalid bin Abdulaziz dari Arab Saudi memberi perintah untuk penyelesaian pembangunan dan perluasan Masjidil Haram.

Pada masa pemerintahannya, mataf atau lokasi tawaf diperluas. Sementara lantainya sendiri terbuat dari marmer jenis Tasos, yang membuat jamaah tetap nyaman melakukan tawaf dan shalat di siang hari.

Arab Saudi telah mengimpor, selama beberapa dekade, marmer Tasos Yunani, di mana batu langka ini ditambang dari sebuah gunung di Yunani.

Menurut catatan, marmer jenis Tasos ini memiliki sejumlah keunikan. Marmer dengan ketebalan 2 inci ini bersifat menyerap kelembapan di malam hari dan melepaskannya di siang hari, sehingga menjaga lantai tetap sejuk. Kelebihan tasos ini tidak dimiliki marmer jenis lainnya.

Tasos adalah marmer paling putih dan langka di dunia dan butirannya berukuran kecil. Marmer ini merupakan salah satu batu alam paling murni dan paling padat.

Seperti namanya, marmer ini berasal dari Pulau Thassos Yunani, yang terletak di Laut Aegen, dimana ia telah diekstraksi sejak zaman kuno.

Mengutip laman Himpuh, Rabu (13/9/2023), orang Yunani termasuk orang pertama yang menemukan marmer dan mengembangkan kegunaannya sepanjang zaman.

Ketebalan marmer yang digunakan di Masjidil Haram mencapai lima sentimeter.

Bahan ini telah digambarkan sebagai marmer pintar yang menghilangkan panas di mana kemurnian putihnya yang tinggi disebabkan oleh pembentukan kristal yang kaya dolomit dari batu tersebut.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 17 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan