Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Dikukuhkan Jadi Gubes di UMS, Prof Aziz Tawarkan 3 Gagasan Ini

tim langit 7 Selasa, 03 Oktober 2023 - 05:00 WIB
Dikukuhkan Jadi Gubes di UMS, Prof Aziz Tawarkan 3 Gagasan Ini
Prof. Dr. A. Aziz Alimul Hidayat., S.Kep. Ns., M.Kes (kiri) dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Keperawatan pada Sabtu (30/9/2023).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menambah guru besar baru. Dia adalah Prof. Dr. A. Aziz Alimul Hidayat., S.Kep. Ns., M.Kes dikukuhkan sebagai guru besar bidang Ilmu Keperawatan pada Sabtu (30/9/2023).

Aziz Alimul Hidayat menyampaikan pidato ilmiah “Transformasi Pendidikan Keperawatan di Era Society 5.0”. Menurutnya, orientasi pendidikan keperawatan yang bersifat profesional-akademis dituntut sejalan dengan peningkatan mutu pelayanan dan teknologi keperawatan yang bisa mengadopsi AI, Internet of Things, hingga Robot.

Pada disertasinya, pria kelahiran Pucuk, Lamongan tersebut mengembangkan tiga model sistem mutu yang dikembangkan dari model sistem Malcolm Baldrige.

Pertama, rekonstruksi kurikulum yang berorientasi pada OBE (Outcome base education). Perawat dituntut memiliki kecakapan komunikasi, berpikir kritis, problem solving, hingga literasi digital, nursing data science hingga aspek interpersonal dan personal.

“Diharapkan lulusan mampu membangun kerja sama tim, membangun hubungan, manajemen konflik, manajemen perubahan, responsiveness, dan perilaku caring,” kata dia.

Baca juga:Google Hentikan Gmail Versi Jadul Mulai Januari 2024

Kedua, penataan sistem pembelajaran berbasis teknologi menggunakan model Blended Learning dengan pendekatan Contextual Teaching Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning.

Pengembangan blended learning merupakan bagian dari pengembangan pembelajaran karena di dalamnya terdapat proses yang sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran, mulai dari identifikasi masalah, pengembangan strategi dan pengembangan bahan ajar, serta evaluasi bahan ajar.

Ketiga, Integrasi system Pendidikan dan pelayanan keperawatan adalah bagian dari link and match dunia industri kesehatan. Link and Match adalah menghubungkan pendidikan dengan dunia industri, sehingga diharapkan ada relevansi atau kesinambungan antara institusi sebagai pencetak lulusan (produk tenaga kerja) dengan industri yang membutuhkan tenaga kerja yang sesuai bidang keahlian.

“Dari ketiga upaya dan solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut, perlu digunakan prinsip kerja dengan menggunakan pola ADLI, A=Approach (pendekatan), D=deployment (penyebarluasan), L=learning (pembelajaran) dan I=integrasi dalam mengukur, mengevaluasi serta dalam menjalankan upaya tersebut,” ujarnya.

Dengan tiga upaya tersebut, Aziz meyakini dapat melakukan transformasi pendidikan keperawatan di era Society 5.0 yang dapat memberikan kontribusi pada kualitas perawat-perawat baru yang dihasilkan dari institusi pendidikan keperawatan dan akhirnya dapat meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di tatanan pelayanan kesehatan atau industri kesehatan

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan