Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 20 Juni 2024
home lifestyle muslim detail berita

Bukan Tempat Menakutkan, Keluarga Harus Jadi Lingkungan Nyaman Bagi Anak-anak

tim langit 7 Rabu, 18 Oktober 2023 - 09:00 WIB
Bukan Tempat Menakutkan, Keluarga Harus Jadi Lingkungan Nyaman Bagi Anak-anak
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Lingkungan keluarga semestinya menjadi tempat paling nyaman bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Keluarga harus sebagai tempat perlindungan yang aman dari berbagai masalah sosial, dan bukan menjadi lingkungan yang menakutkan.

Pendapat ini diungkapkan Ketua Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Barat, Ia Kurniati dalam Gerakan Subuh Mengaji, dikutip Rabu (18/10/2023).

Kurniati menegaskan, keluarga harus berperan sebagai tempat perlindungan yang aman dari berbagai masalah sosial, dan bukan sebagai lingkungan yang menakutkan.

Menurut Ia Kurniati, perkawinan adalah janji yang kokoh (mitsaqan ghalizhan) dan perintah pergaulan yang layak (mu’asyarah bil ma’ruf) antara suami dan istri.

Baca juga:6 Inspirasi Karpet untuk Foyer, Beri Nuansa Hangat dalam Rumah

Keluarga juga menjadi wadah penting untuk meneruskan keturunan dan menjadi tempat awal dalam mendidik generasi muda, memberikan nilai-nilai moral, berpikir, berkeyakinan, berbicara, bersikap, dan berkualitas dalam peran mereka sebagai hamba dan khalifah Allah.

Ia Kurniati mendorong upaya menciptakan keluarga sakinah, yang menciptakan suasana penuh kedamaian, di mana tidak ada ketakutan istri akan kesulitan ekonomi atau bahkan poligami. Keluarga sakinah ditandai oleh suasana ketenangan, kedamaian, dan keamanan, dan anggota keluarga yang saling menyayangi dan menghargai dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Sakinah itu suasananya penuh kedamaian, tidak ada ketakutan istri tidak dinafkahi, termasuk tidak ada ketakutan istri dipoligami. Ciri seseorang telah menciptakan keluarga sakinah adalah jika tidak ada hal yang mengancam terciptanya suasana ketenangan, kedamaian, dan keamanan di dalam berkeluarga,” terang Ia Kurniati.

Mengutip buku Tuntunan Keluarga Sakinah, dia memandang keluarga sakinah adalah sebuah struktur keluarga yang terbentuk melalui perkawinan sah yang tercatat di Kantor Urusan Agama, dan di dalamnya ada rasa saling menyayangi dan menghargai dengan penuh rasa tanggung jawab.

Tujuannya untuk menciptakan suasana kedamaian, ketentraman, dan kebahagiaan dalam hidup, baik di dunia maupun akhirat, yang diridlai oleh Allah SWT.

“Artinya, salah satu syarat keluarga sakinah ialah pernikahan harus dicatatkan. Hal ini guna menghindari hal-hal yang mungkin merugikan salah satu pasangan,” terang Ia Kurniati.

Pesan Ia Kurniati ini menggarisbawahi pentingnya menjadikan keluarga sebagai tempat yang penuh kasih, kedamaian, dan keamanan, sehingga anggota keluarga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam lingkungan yang positif.

Dengan demikian, upaya menjaga nilai-nilai moral, martabat manusia, dan keharmonisan dalam keluarga dapat menjadi lebih nyata.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 20 Juni 2024
Imsak
04:30
Shubuh
04:40
Dhuhur
11:58
Ashar
15:19
Maghrib
17:51
Isya
19:05
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan