Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Kader PMII Bicara soal Ketahanan Pangan dan Perubahan Iklim di Forum Dunia

tim langit 7 Rabu, 25 Oktober 2023 - 19:00 WIB
Kader PMII Bicara soal Ketahanan Pangan dan Perubahan Iklim di Forum Dunia
Isnawati Hidayah, kader PMII dari Universitas Negeri Malang berbicara soal ketahanan pangan dan perubahan iklim di Forum Pangan Dunia
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Isnawati Hidayah, seorang kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dari Universitas Negeri Malang (UM) berbicara soal ketahanan pangan dan perubahan iklim di Forum Pangan Dunia (World Food Forum) di Kantor Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) Roma, Italia, pada 16 Oktober 2023.

Isnawati merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam kelompok ilmuwan muda (younh scientist group) pada Forum Pangan Dunia.

Kelompok ini terdiri dari 16 ilmuwan muda yang telah terpilih dan lolos seleksi dari semua pendaftar di seluruh dunia.

Pada forum yang berlangsung pada 16-20 Oktober 2023 itu, Isnawati mendapatkan kesempatan untuk berbicara tentang peran ilmuwan muda dalam mengatasi masalah kerawanan pangan dan perubahan iklim yang disebabkan oleh kegagalan sistem pertanian pangan saat ini.

Isnawati yang saat ini menjadi dosen di jurusan Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang, menekankan akan pentingnya kolaborasi multidiplisiner serta melibatkan ilmu pengetahuan dan riset dalam pembuatan kebijakan dan program. Pesan itu ditujukan kepada para pemangku kebijakan dan perwakilan negara yang hadir.

Di hadapan para pemangku kebijakan perwakilan negara-negara dunia yang hadir, Isnawati mengatakan kesempatan hadir dalam forum tersebut merupakan pengalaman yang sangat berharga. Sebab ia bisa menyuarakan kegundahan dari para ilmuwan muda lainnya di forum tingkat tinggi di dunia yang membahas soal ketahanan pangan.

Kini, Isnawati sedang menempuh pendidikan doktoralnya dalam program Joint PhD antara Universitas Sapienza Roma di Italia dan Universitas Leiden, Belanda.

Ia dan teman-temannya juga secara aktif merintis sebuah lembaga yang bernama Rotasi Institute yang memang berfokus dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat pinggiran.

Beberapa perwakilan tingkat tinggi dari berbagai negara juga menyampaikan pidato. Di antaranya Direktur Jenderal QU Dongyu, perwakilan dari Kerajaan Lesotho HRM Raja Letsie III, Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Italia Edmondo Edmondo Cirielli.

Perwakilan Raja Abdullah II dari Kerajaan Yordania Pangeran Hassan bin Talal, Presiden Irlandia Michael D Higgins, Presiden Republik Afrika Tengah HE Faustin Archane Touadera, Presiden Irak Abdul Latif Rashid, Perdana Menteri Tanzania Kassim. Majaliwa, dan Perdana Menteri Bhutan Lotay Tshering.

Kehadiran para perwakilan tingkat tinggi ini menambah keberagaman pandangan dan pemikiran yang disampaikan dalam acara tersebut, menciptakan platform yang sangat penting untuk mendiskusikan isu-isu global terkait ketahanan pangan dan perubahan iklim.

Acara ini telah menjadi wahana bagi para pemangku kepentingan, termasuk ilmuwan muda, untuk berbagi gagasan dan solusi inovatif dalam upaya bersama mengatasi tantangan yang dihadapi oleh sistem pertanian pangan saat ini. Semoga upaya ini dapat membawa perubahan positif yang signifikan dalam mewujudkan ketahanan pangan global.

Sebagai informasi, berdasarkan rilis yang diterima NU Online, saat ini Isnawati sedang menempuh pendidikan doktoralnya dalam program joint PhD antara Universitas Sapienza Roma di Italia dan Universitas Leiden, Belanda.

Ia bersama teman-temannya juga secara aktif merintis sebuah lembaga yang bernama Rotasi Institute yang fokus meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat pinggiran.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan