Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home masjid detail berita

3 Jenis Hati Manusia, Ada yang Bikin Pahala Berguguran

Muhajirin Selasa, 07 November 2023 - 16:00 WIB
3 Jenis Hati Manusia, Ada yang Bikin Pahala Berguguran
ilustrasi
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Bupati Tanjung Jabung Barat-Jambi, H. Anwar Sadat, menilai menjadi pribadi yang tangguh dan sukses menjadi dambaan setiap orang. Itu karena dunia dipenuhi berita kekerasan dan kekejaman.

“Jika kita memiliki kepribadian yang kuat maka kita akan merasa tenang dan nyaman dalam menghadapi semua itu dan akan sukses dalam menjalani hidup,” kata Anwar saat menyampaikan khutbah di Masid Istiqlal Jakarta, dikutip Selasa (7/11).

Kepribadian yang kuat dan kesuksesan dalam menjalani hidup tentu tidak tercipta begitu saja tanpa proses dan konstruksi. Kecerdasan merupakan salah satu wujud keberhasilan dalam menjaga dan menata hati.

Dalam ajaran Islam, terdapat konsep tasawuf tentang pemeliharaan dan penataan hati yang dapat berdampak pada terwujudnya akhlak yang baik.

“Ingatlah bahwa di dalam tubuh ada segumpal daging. Jika baik, maka baik pula seluruh tubuh. Jika rusak, maka seluruh tubuh juga ikut rusak. Ketahuilah bahwa itu adalah hati.” (HR Bukhari Muslim).

Menurut Anwar, hadits tersebut menunjukkan pentingnya peranan hati dalam kehidupan sehari-hari. Segala tindakan baik ataupun buruk bersumber dan bergantung pada kondisi hati. Jika hati baik, terbebas dari segala penyakit hati, maka akan menghasilkan perbuatan baik.

Sebaliknya jika hati buruk, dipenuhi segala macam penyakit hati, maka akan menghasilkan perbuatan buruk. Maka, keadaan hati yang baik akan melahirkan pribadi yang berbudi luhur, kehadirannya di tengah masyarakat akan diterima dengan tangan terbuka, dan menjadi jalan menuju kesuksesan.

Anwar mengutip Imam Al-Gazhali yang membagi hati menjadi tiga jenis:

1. Hati yang Sehat
Hati yang sehat adalah hati yang dipenuhi keimanan dan takwa kepada Allah SWT. Orang yang punya hati sehat akan rajin menjalankan perintah dn menjauh larangan-Nya. Hatinya akan selalu berada dalam koridor keimanan dan ketakwaan, baik saat sendirian maupun di tengah keramaian.

“Tidak akan goyah sedikit pun meski dalam kesulitan. Segala macam penyakit jantung akan terhapuskan. Riya, kesombongan, dengki, dengki dan segala penyakit hati lainnya akan dapat ditundukkan dengan terus mengingat dan mengingat Allah hingga menemukan kenyamanan dan kedamaian,” ujar Anwar.

2. Sakit Hati
Hati yang sakit adalah hati yang telah terkontaminasi segala penyakit hati. Penyakit hati memang tidak menampakkan gejala yang besar dan sulit untuk di deteksi. Bahkan, tidak akan mempan dengan obat dokter, karena penyakit hati berada didalam diri manusia.

Penyakit hati yang paling sering menyerang manusia adalah sombong, riya dan dengki. Orang yang sombong akan terbiasa bersikap semena-mena terhadap orang lain, sulit untuk menerima saran dan masukan.

Orang Riya akan sangat senang dan gemar menampakkan amal ibadah, karena menjadi suatu kebanggan ketika ada orang lain yang mengetahui. Namun, dia tidak sadar bahwa hal tersebut telah merusak pahala.

Orang yang dengki tidak akan pernah merasa nyaman dan tenteram dalam hidup, karena sibuk mengurusi kehidupan orang lain sehingga lupa bersyukur. Penyakit-penyakit seperti ini akan merusak dan menggangu kehidupan manusia, baik dalam sosial maupun dalam ibadah.

3. Hati yang Mati
Hati yang mati ialah hati yang telah kehilangan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Manusia yang berhati mati tidak hanya meninggalkan segala kewajiban. Bahkan lebih dari itu, ia sudah berani mensekutukan Allah.

“Segala perbuatan yang ia lakukan akan didasarkan pada kehendak hawa nafsu belaka. Tidak ada lagi dasar keimanan dan ketakwaan didalam hatinya. Maka manusia yang seperti ini akan selalu berbuat onar, akan selalu berbuat kerusakan dimanapun ia berada tanpa sedikitpun memperhatikan dampak kerugian yang dirasakan oleh orang lain,” ujar Anwar.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan