Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 02 Mei 2024
home lifestyle muslim detail berita

Kumpulan Doa Agar Hati Tenang Ketika Mengalami Post Holiday Blues

esti setiyowati Rabu, 17 April 2024 - 19:30 WIB
Kumpulan Doa Agar Hati Tenang Ketika Mengalami Post Holiday Blues
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Post holiday blues adalah perubahan suasana hati sebagai transisi antara masa liburan dan aktivitas rutin yang harus dijalani. Perasaan yang muncul pada kondisi ini seperti rasa sedih, kesepian, hingga kekecewaan.

Rasa sedih merupakan salah satu emosi yang ditanamkan kepada setiap manusia. Saat merasakan emosi ini umumnya orang akan menjadi lebih banyak diam, kurang bersemangat dan menarik diri.

Memiliki rasa sedih itu wajar namun jika kesedihan itu terlalu dalam bisa menimbulkan dampak negatif ke dalam diri seseorang.

Seorang muslim yang tengah merasakan kesedihan dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui berbagai cara seperti shalat, membaca Al-Qur'an, berdzikir dan berdoa.

Rasulullah SAW mengajarkan sejumlah doa yang bisa dibaca saat merasakan kesedihan.

Baca juga:Mengenal Post Holiday Blues, Perasaan yang Muncul Pasca Liburan

Doa pertama diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Imam Ahmad dalam sebuah hadits yang telah dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli sya'ni kullaha laa ilaha illa anta."

"Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, janganlah Engkau serahkan (segala urusanku) kepada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau."

Rasulullah mengajarakn doa seperti dikutip dalam Hadits Sunan An-Nasa'i).

أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ الْمُنْذِرِ عَنْ ابْنِ فُضَيْلٍ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ الْمِنْهَالِ بْنِ عَمْرٍو عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ دَعَوَاتٌ لَا يَدَعُهُنَّ كَانَ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

Telah mengabarkan kepada kami Ali Ibnul Mundzir dari Ibnu Fudhail, dia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ishaq dari Al Minhal bin 'Amru dari Anas bin Maik, dia berkata:

Rasulullah SAW mempunya doa-doa yang tidak pernah lupa untuk membacanya, beliau selalu membaca:

"Allahumma Inni a'uudzu bika minal hammi wal hazni wal 'ajzi wal kasali wal bukhli, wal jubni wa ghalabatir rijal"

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kebakhilan, sifat pengecut dan penindasan para penguasa."

Doa yang termaktub dalam Kitab Shahih Bukhari:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ، وَالبُخْلِ، وَالجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gundah-gulana dan kesedihan, begitu juga dari kelemahan dan kemalasan, kekikiran, sifat penakut, lilitan hutang dan penindasan."

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 02 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan