Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home community detail berita

Gen Z Berpeluang Tingkatkan dan Majukan Ekonomi Kreatif

tim langit 7 Rabu, 08 November 2023 - 09:18 WIB
Gen Z Berpeluang Tingkatkan dan Majukan Ekonomi Kreatif
Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo saat di acara Anak Bangsa Curhat di Universitas Airlangga (Unair), Selasa (7/11/2023)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Generasi Z (gen Z) berpeluang besar mengambil peran membantu meningkatkan dan memajukan ekonomi kreatif Indonesia. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo saat menjadi pembicara "Anak Bangsa Curhat’ di Universitas Airlangga (Unair), Selasa (7/11/2023)

Menurut Angela, banyak peluang yang dapat digarap oleh gen Z dalam pengembangan ekonomi kreatif, misalnya, dengan menjadi konten kreator.

Ia menjelaskan saat ini banyak generasi Z yang tertarik menjadi konten kreator. Hingga tercatat sekarang konten kreator memiliki pasar Rp7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat di 2027.

Baca juga:PII Tegaskan Independen Terhadap Pilihan Politik

“Jadi mereka tidak sebatas dengan konten-konten komedi, tapi juga lebih mengerucut kepada minat dan bakat masing-masing,” kata Angela.

Angela menjelaskan ekonomi kreatif memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, terutama saat pandemi COVID-19. Tercatat ada pertumbuhan karena konsumsi media yang meningkat selama pembatasan sosial.

Pada 2020, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Hal ini menjadi bukti, sektor ekonomi kreatif mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, berdasarkan data, tiga dari 17 subsektor ekonomi kreatif terbukti menjadi penyumbang terbesar pada struktur PDB dan ekspor terutama dari fesyen, kuliner, dan kriya.

“Ada banyak peluang di sini yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda maka itulah kenapa saya bilang ini harus kompetitif, yang kedua adalah saya melihat ekonomi kreatif ini akan semakin maju,” kata Wamenparekraf.

Dalam kesempatan ini Wamenparekraf Angela didampingi Direktur Industri Musik, Seni, Pertunjukan dan Penerbitan Kemenparekraf/ Baparekraf, Mohammad Amin.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan