Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 25 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Berikut Manfaat Buah Semangka

tim langit 7 Sabtu, 11 November 2023 - 06:23 WIB
Jadi Simbol Dukungan untuk Palestina, Berikut Manfaat Buah Semangka
Buah semangka menjadi simbol dukungan untuk Palestina. Buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Semangka (citrullus lanatus) merupakan buah yang dikonsumsi dan disukai banyak orang karena rasanya yang manis, renyah, dan segar. Semangka memiliki banyak kandungan air yang tinggi sehingga mampu melepas dahaga.

Menurut Ners UM Surabaya Islam Syarifurrahman, selain memiliki rasa yang manis, menyegarkan, serta kandungan yang baik untuk tubuh semangka memiliki manfaat bagi kesehatan.

Pertama, mengontrol tekanan darah. Buah semangka terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah seperti kalium, serat, air, vitamin C, vitamin B, Vitamin A (karetinoid), vitamin K, licopein serta asam amino sitrulin.

Baca juga:7 Artis Kompak Ikut Aksi Bela Palestina, Intip Outfitnya Yuk!

Kalium pada semangka menyebabkan vasodilatasi mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar sehingga terjadi penurunan resistensi perifer.

Kedua, menurunkan kolesterol. Bagi seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi dan suka makan cemilan manis, Semangka dapat menjadi cemilan pengganti karena memiliki kandungan serat yang tinggi serta lemak jenuh yang rendah, likopen kandungan tersebut memiliki sifat penurun lipid serta mengurangi kadar kolesterol jahat.

Ketiga, menjaga kesehatan ginjal. Buah semangka memiliki kandungan kalium yang bermanfaat membersihkan zat racun pada ginjal. Manfaat lain juga dapat mengurangi kadar asam urat yang bisa menekan risiko pada pembentukan batu ginjal.

Keempat, menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium dalam semangka dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran normal, yang dapat mendukung kesehatan jantung.

Kelima, menjaga kesehatan mata. Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan antioksidan likopen yang membantu menjaga kesehatan mata dan mampu mencegah risiko menurunnya pada kemampuan pengelihatan akibat faktor usia.

Terakhir, menjaga kesehatan pencernaan. Semangka mengandung serat yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 25 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:54
Ashar
15:14
Maghrib
17:51
Isya
19:01
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan