Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 14 Juli 2024
home sosok muslim detail berita

Mengenang Rizal Ramli, Dekat dengan NU dan Menteri Era Presiden Gus Dur

tim langit 7 Rabu, 03 Januari 2024 - 12:00 WIB
Mengenang Rizal Ramli, Dekat dengan NU dan Menteri Era Presiden Gus Dur
Kedekatan Rizal Ramli dan Gus Dur.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia, Selasa (2/1/2024) di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Informasinya, ekonom Indonesia ini mengidap kanker pankreas stadium 4 dan menjalani perawatan selama 2 bulan.

Menurut Mohamad Syafi' Alielha atau Savic Ali, sosok Rizal Ramli merupakan salah satu tokoh yang memiliki kedekatan dengan NU. Selain itu, semasa hidupnya Rizal Ramli juga sering mengunjungi kiai maupun pesantren.

“Mas Rizal Ramli adalah salah satu tokoh dan ekonom yang cukup dekat dengan NU. Beliau dekat dan pernah jadi menteri zaman Gus Dur, serta lumayan sering berkunjung ke kiai atau pesantren, dan beberapa kali menjadi narasumber diskusi di Gedung PBNU,” jelasnya kepada NU Online, dikutip Rabu (3/1/2024).

“Saya pernah menemani Mas Rizal saat bersilaturahmi ke Gus Mus di Rembang serta menjenguk Kiai Muchit Muzadi di Jember saat beliau sakit,” imbuhnya.

Baca juga:Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli Meninggal Dunia

Selain itu, Savic menyebut bahwa sosok Rizal Ramli yang pernah menjadi aktivis mahasiswa ini termasuk orang yang peduli terhadap orang lain serta selalu memikirkan Indonesia agar bisa menjadi lebih baik.

“Beliau adalah aktivis mahasiswa angkatan 70-an dan pernah dipenjarakan oleh Pak Harto. Ia vokal terhadap apa yang dia anggap keliru, meski banyak juga poin-poin kritiknya yang saya tidak setuju. Tapi sebagai pribadi, Mas Rizal sosok yang sangat peduli terhadap orang lain dan selalu memikirkan bagaimana Indonesia menjadi lebih baik,” tutupnya.

Sebagai informasi, wafatnya Rizal Ramli ini ramai diperbincangkan di X. Selain Savic, ada tokoh yang turut menyampaikan belasungkawanya atas berpulangnya tokoh kelahiran Padang, 10 Desember 1954 ini. Di antaranya putri sulung Gus Dur, Alissa Wahid melalui akun X pribadinya, @AlissaWahid.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'uun. Semoga semua kebaikan pak Rizal Ramli diterima-NYA, dan semua kekurangannya diampuni. Lahu al-fatihah,” cuitnya.

Sebelumnya, terdapat pesan yang tersebar di media sosial mengenai kabar berpulangnya mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan juga mantan Menteri Koordinator Kemaritiman ini.

Dalam pesan tersebut dikabarkan bahwa ekonom senior ini wafat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, pada Selasa (2/1/2023) pukul 19.30 WIB.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jika ada kesalahan beliau selama hidupnya,” begitu bunyi pesan tersebut.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 14 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:02
Ashar
15:23
Maghrib
17:56
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan