Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 25 Mei 2024
home masjid detail berita

Aturan Baru Kunjungan ke Raudhah Syarif: Jamaah Wajib Pindai Kode Batang

esti setiyowati Sabtu, 27 Januari 2024 - 05:00 WIB
Aturan Baru Kunjungan ke Raudhah Syarif: Jamaah Wajib Pindai Kode Batang
Aturan Baru Kunjungan ke Raudhah Syarif, Jamaah Wajib Pindai Kode Batang
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Otoritas Perawatan Masjid Nabawi mulai menerapkan mekanisme baru untuk kunjungan ke Raudhah Syarif di Masjid Nabawi, Madinah. Aturan baru tersebut mengharuskan jamaah dan pengunjung memindai kode batang di gerbang otomatis untuk masuk ke Rawdah Sharif.

Menyadur Saudi Gazette, Jumat (26/1/2024), prosedur tersebut dilakukan melalui platform Nusuk, di mana jamaah cukup mengikuti tahapan yang diberikan melalui berbagai bahasa untuk melakukan kunjungan.

Kemudian, setelah melakukan reservasi melalui aplikasi tadi, pendaftar akan menerima jadwal kunjungan dan barcode.

Nantinya pengunjung akan diingatkan tentang janji temu 24 jam sebelum tanggal kunjungan dan memintanya untuk mengkonfirmasi atau membatalkan, dan tidak dapat menggunakan barcode untuk kunjungan sebelum waktu yang ditentukan.

Begitu pengunjung tiba di halaman Masjid Nabawi, ia akan diarahkan melalui layar panduan menuju pintu masuk yang ditunjuk untuk kunjungan tersebut.

Jamaah akan diterima oleh staf terlatih dan dipandu melalui tahapan kunjungan.

Sebelum tiba di Rawdah Sharif, pengunjung harus memindai barcode melalui gerbang otomatis lalu menuju ke ruang tunggu dan kemudian ke grup untuk masuk.

Pengunjung akan dikembalikan melalui tempat yang telah ditentukan apabila izin tersebut diketahui tidak aktif pada waktu itu.

Badan Masjid Nabawi telah mengalokasikan jalur khusus bagi masyarakat berkebutuhan khusus dan luas pembukaannya akan ditentukan sesuai dengan kapasitas Rawdah Syarif.

Pihak Masjid Nabawi juga menyiapkan layar elektronik yang tersedia dalam beberapa bahasa untuk mengedukasi pengunjung tentang etika berkunjung dan ruang tunggu yang disiapkan untuk kenyamanan jamaah.

Memasuki waktu kunjungan yang telah ditentukan, para pengunjung akan diarahkan menuju pintu masuk Rawdah Syarif melalui jalur yang tertata dan terstandar hingga tiba di tempat shalat.

Setelah waktu berkunjung berakhir, pengunjung akan diarahkan ke pintu keluar yang telah ditentukan.

Tindak lanjut juga dilakukan melalui sistem digital canggih yang beroperasi lewat kamera dan sensor pintar, untuk melacak pola pergerakan pengunjung masuk dan keluar serta mengetahui jumlah pendatang melalui peta termal dan geografis interaktif.

Ruang kendali bersama akan mengelola manajemen kerumunan dan sistem digital, mempertemukan semua pihak terkait untuk mendaftarkan pengunjung untuk koordinasi langsung.

Aturan ini akan memberikan solusi cepat jika terjadi kepadatan berlebih, dan akan diterbitkan laporan berkelanjutan dengan tujuan untuk terus mengembangkan dan meningkatkan layanan.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 25 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan