LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pengusaha fesyen muslim, Kanya Trihapsari memprediksi sejumlah tren yang bakal diminati masyarakat Indonesia saat Lebaran 2024.
Menurut Vice President of Marketing and Brand Strategy Benang Jarum ini, baju muslim model gamis akan menjadi favorit konsumen. Diakui Kanya, lebaran identik dengan dress panjang seperti gamis.
"Kalau baju Lebaran erat kaitannya dengan dress panjang, semacam kayak gamis," kata Kanya dalam konferensi pers, Rabu (7/2/2024).
Selain model gamis, Kanya juga menyinggung tren warna pada busana lebaran tahun ini.
Baca juga:
RiaMiranda dan Garuda Indonesia Rilis Koleksi Busana Spesial Umrah dan HajiKanya mengatakan, konsumen banyak yang menyukai busana Muslim dengan warna pastel dan warna bold, yang berani dan cenderung gelap seperti navy.
Apalagi, tambahnya, saat ini fesyen Muslim semakin berkembang. Ini terlihat dari banyak brand internasional yang mulai melirik desain pakaian wanita yang dipadukan dengan hijab.
"Kita bisa liat juga kayak brand (merek) sport udah ada yang sport hijab-nya, brand-brand internasional udah mulai mengekspos model-model yang menggunakan hijab. Jadi potensi untuk modest fashion industry (industri pakaian model tertutup) ini berkembang akan sangat-sangat pesat," ujar Kanya, dikutip Antaranews.
Sementara menurut Head of Fashion Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo mengungkapkan fesyen busana Muslim dan perlengkapan ibadah diprediksi akan menjadi produk yang paling dicari di platform belanja daring menjelang periode Ramadhan 2024.
"Menjelang Ramadhan memang baju-baju fesyen Muslim perlengkapan ibadah, sarung, sajadah itu memang menjadi produk-produk paling dicari dan peningkatannya paling signifikan," kata Aldhy.
Terkait itu, saat Ramadhan, Tokopedia akan menggelar kampanye khusus dengan melibatkan para pelaku UMKM terutama di bidang fesyen.
"Selama Ramadhan kita menyiapkan panggung untuk mereka (UMKM fesyen) supaya mereka bisa mengembangkan bisnisnya di momen Ramadhan nanti," pungkas Aldhy
(ori)