Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 21 Juli 2024
home community detail berita

Semarakkan Ramadhan, Anak-anak Muda di Mataraman Perindah Fasilitas Umum

tim langit 7 Sabtu, 23 Maret 2024 - 13:15 WIB
Semarakkan Ramadhan, Anak-anak Muda di Mataraman Perindah Fasilitas Umum
Menyemarakkan Ramadhan, karang taruna di Madiun, Magetan dan Ngawi mempercantik fasilitas umum di desa.Foto/ist
LANGIT7.ID-, Madiun- - Karang Taruna (kartar) di Madiun, Ngawi, dan Magetan kompak membangun berbagai fasilitas publik atau fasilitas umum (fasum) di desa masing-masing. Aksi sosial ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Ramadhan Heppiii 2024.

Koordinator Heppiii Community di wilayah Madiun Anggit Putranto MP mengatakan ada 15 karta Heppiii Community yang ikut dalam kegiatan Ramadhan Heppiii. Karta yang terlibat ini semua menggelar kegiatan yang bertujuan untuk membangun desa masing-masing.

"Sesuai dengan tema Ramadhan Heppiii yakni Bersama Melakukan Kebaikan, jadi semua kegiatan memang diarahkan agar memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar karta berada," katanya, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga:Puasa Ramadhan Mengandung Lima Pelajaran

Kegiatan itu beragam, ada yang membuat cermin cembung yang ditempatkan di sekitar perempatan atau persimpangan yang rawan kecelakaan. Dengan adanya cermin cembung ini para pengguna kendaraan bisa melihat situasi kendaraan dari arah berlawanan dengan mudah.

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh karta Dagangan Madiun, mereka memasang 15 titik cermin cembung," imbuh Anggit.

Sedangkan karta 76Heppiii Community Candi Mulyo saat kegiatan Ramadhan Heppiii ini membuat dumpal dan tiang bendera sebanyak 30 unit. Kemudian untuk Karta Jiwan Madiun melakukan pengecatan fasilitas umum seperti gapura, dan renovasi pos kamling.



"Kalau Karta Baleasri Magetan ada pengecatan fasum dan peralatan kesekretariatan karta. Kemudian Karta Tanjung Sepreh Magetan juga ada pengecatan fasum. Untuk Karta Plumpung Magetan ada penambahan lampu PJU (penerangan jalan umum)," terangnya.

Untuk karta Bangunrejo Kidul Ngawi ada pembuatan papan nama jalan dan rambu jalan. Karta Mangunharjo Ngawi ada pengadaan lampu untuk penerangan lapangan voli. Kemudian Mantingan Ngawi ada pembuatan tapal batas desa.

Dilanjutkan Sidomakmur Ngawi, Sidokerto Ngawi, Nglambangan Madiun, Sukowidi Magetan, Mojopurno, dan Tegal Arum Magetan ada pengecatan fasilitas umum atau fasilitas publik di desa.

Selain Ramadhan Heppiii, sepanjang bulan puasa ini juga ada kegiatan Heppiii Ngabuburit yang digelar di Madiun, Ngawi dan Magetan. Heppiii Ngabuburit ini adalah wadah untuk komunitas kreatif berkumpul dan mengembangkan kreativitasnya.

Ada juga kegiatan lainnya seperti Safari Ramadhan yang digelar tiap hari Jumat, lalu ada juga kegiatan kreatif yakni Mobile Sound Heppiii Ngabuburit yang akan digelar mulai 23 Maret 2024 di berbagai daerah di Madiun dan sekitarnya.

Kegiatan Ramadhan Heppiii, Safari Ramadhan, Heppiii Ngabuburit dan Mobile Sound Heppiii Ngabuburit ini secara konsisten digelar oleh Heppiii Community setiap bulan puasa tiba.

Tujuan dari kegiatan ini adalah agar komunitas anak muda seperti karta bisa memberikan manfaat untuk masyarakat. Selain itu komunitas anak muda juga mendapatkan ruang untuk menunjukkan dan mengembangkan kreativitasnya.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 21 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan