Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 15 Juni 2024
home masjid detail berita

10 Hari Terakhir Ramadhan, Masjid Al Akbar Surabaya Dipenuhi Jamaah untuk Qiyamul Lail

tim langit 7 Selasa, 02 April 2024 - 12:00 WIB
10 Hari Terakhir Ramadhan, Masjid Al Akbar Surabaya Dipenuhi Jamaah untuk Qiyamul Lail
Ribuan jamaah memadati Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) mengikuti Qiyamul Lail di 10 hari terakhir Ramadhan.
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya (MAS) mengadakan Qiyamul Lail di 10 hari terakhir Ramadhan. Ribuan jamaah memadati masjid untuk berdoa di keheningan malam. Dari ribuan jamaah itu, tak sedikit generasi Z Islami (GenZI) yang khusuk beribadah.

“Semoga pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan ini, kita semua bisa meningkatkan kualitas ibadah kita. Alhamdulillah, Masjid Al-Akbar memfasilitasi,” kata Fathul Muqorrobin, jamaah GenZI dari Surabaya.

Selain buka 24 Jam, Badan Pelaksana Pengelola (BPP) MAS melayani jamaah “Qiyamul Lail” 10 Hari Akhir Ramadhan dengan akses lokasi lewat aplikasi Virtual Tour 3D pada https://www.masjidalakbar.or.id/virtualtour/

“Untuk kenyamanan dan keamanan jamaah Qiyamul Lail, Masjid Al Akbar memandu jamaah menuju lokasi Masjid Al Akbar yang berjumlah 45 pintu dengan mengakses aplikasi Virtual Tour 3D Masjid Al Akbar itu,” kata Humas MAS H Helmy M Noor.

Baca juga:Kunci Mendapat Lailatul Qadar

Dengan aplikasi itu, jamaah putri akan dipandu masuk dari sisi utara masuk lewat pintu nomor 1, 3, 4, 8, lalu dari sisi timur lewat pintu nomor 18, 21 23 dan 28, sedangkan dari sisi selatan melalui pintu nomor 38.

Bagi jama’ah putra akan dipandu masuk dari sisi utara melalui lorong wudlu antara pintu 5 dan 6, lalu dari sisi timur melewati pintu 21, 23 dan 25, sedangkan dari selatan melewati pintu 43 dan pintu lorong wudlu antara pintu 40 dan 41.

“Rangkaian Qiyamul Lail diawali pukul 01.00 – 01.30 WIB dengan aktivitas Dzikir, Muhasabah dan Tausiyah, lalu pukul 01.30 – 03.00 WIB dengan aktivitas Sholat Tahajud 4 rakaat 2 salam, Sholat Tasbih 4 rakaat 2 salam dan Sholat Hajat 2 rakaat 1 salam,” kata Helmy.



Untuk Imam Qiyamul Lail adalah KH. Abdul Hamid Abdullah, S.H., M.Si (Imam Besar MAS) pada tanggal 1, 2, 5 , 6, 9 April 2024, lalu KH. Ahmad Muzakky, Al-Hafidz, untuk tanggal 3, 4, 7 dan 8 April 2024.

“Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menyiapkan area sholat secara penuh, baik di lantai 1 maupun lantai 2 dengan kapasitas 40 ribu Jama’ah. Semuanya dibuka 24 jam,” katanya.

Pada malam 27 Ramadhan (6/4) juga ada Lailatul Qiro’ah Menyambut Lailatul Qadar dengan qori-qoriah nasional-internasional.

Masjid Al Akbar Surabaya juga menyiapkan 1.500 boks yang akan dibagi mulai pukul 01.00 WIB, sedangkan air mineral disiapkan dengan jumlah tak terbatas yang terbagi dalam 8 titik lemari pendingin.

“Karena terbatasnya jumlah nasi sahur, Masjid Al Akbar menyarankan kepada para jamaah untuk membawa bekal sahur sendiri. Kami juga mengimbau agar jamaah membawa masuk alas kaki (sepatu/sandal) di ruang sholat dengan terlebih dahulu dimasukkan dalam tas kecil atau sejenisnya, agar aman dan tidak ada kerumunan bakda qiyamul lail,” katanya.

Helmy yang juga Sekretaris MAS itu menambahkan Masjid Al Akbar juga mengupayakan kenyamanan jamaah dengan menyiapkan posko kesehatan, dua ambulans plus dokter dan paramedis.



(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 15 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:18
Maghrib
17:49
Isya
19:04
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan