Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home masjid detail berita

Habib Ja'far Sebut Pentingnya Jaga Sanitasi Masjid untuk Kebersihan

esti setiyowati Senin, 08 April 2024 - 18:00 WIB
Habib Ja'far Sebut Pentingnya Jaga Sanitasi Masjid untuk Kebersihan
Pendakwah Husein Jafar Al Hadar atau Jabib Jafar menekankan bahwa peremajaan sarana sanitasi masjid
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Pendakwah Husein Ja'far Al Hadar atau Jabib Ja'far menekankan bahwa peremajaan sarana sanitasi masjid agar lingkungan tempat ibadah bersih dan nyaman sangat penting.

Menurut Habib Ja'far hal tersebut sejalan dengan hukum Islam untuk selalu menjaga kebersihan dan kesucian diri.

“Seorang muslim selalu dianjurkan untuk berwudhu dan menjaga wudhu-nya. Artinya, tubuh harus selalu bersih, terutama di bulan Ramadhan ini yang di dalamnya banyak sekali ibadah siang dan malam,” kata Habib Ja’far dikutip dalam siaran pers, Senin (8/4/2024).

Dengan terjaganya kebersihan dan kesucian lingkungan rumah ibadah, Habib Ja'far berharap Islam tidak lagi dipandang dengan hal-hal tidak baik, seperti tidak bersih, tidak disiplin dalam penggunaan air, dan tidak mampu merawat sarana dan prasarana rumah ibadah, melainkan menjadi agama yang menjunjung tinggi nilai kebersihan dan kesucian diri.

Baca juga:Niat Zakat Fitrah Lengkap, Teks Arab dan Artinya

“Harapannya, kita menjadi pribadi yang bersih agar citra Islam tidak dicitrakan dengan hal-hal aneh, seperti kotor, tidak disiplin, atau mubazir. Kita ingin menjadi seorang muslim yang sebenar-benarnya, seperti menjaga kebersihan dan kesucian,” tambahnya.

Pernyataan Habib Ja'far tersebut terkait dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) GB Sanitaryware di Masjid Nurul Hida, Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2024) lalu.

Melalui program CSR tersebut, GB Sanitaryware berkesempatan mengganti keran air di area wudhu wanita dan pria di Masjid Nurul Huda, karena sebagian besar keran wudhu tersebut mengalami kebocoran.

"Di bulan Ramadhan tahun ini kami kembali melakukan CSR di masjid Nurul Huda Jagakarsa Jakarta Selatan dengan menggantikan keran-keran untuk mengambil air wudhu. Terkadang ada beberapa keran di masjid yang sudah usang atau rusak sehingga air menetes begitu saja. Ini sangat disayangkan," jelas GM GB Sanitaryware, Yapto Wijaya.

Pergantian keran wudhu ini juga menjadi sarana agar tidak terjadi kebocoran air dan kemubaziran, terutama pada rumah ibadah.

Selain Masjid Nurul Huda, program penggantian keran wudhu juga sudah dilaksanakan di Masjid Insan Kamil dan Masjid Al-Barkah Babelan di Bekasi, serta Masjid Al-Ikhlas Pulau Pari di Kepulauan Seribu.

GB Sanitaryware juga memberikan bantuan sanitasi yang layak ke panti asuhan, rumah orang dengan gangguan jiwa, panti jompo, hingga fasilitas umum lainnya.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan