Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home masjid detail berita

Masjid Di Bangkok Ini Jadi Tempat Berkumpul Umat Islam Dari Seluruh Asia Selama Ramadan

nabil Selasa, 09 April 2024 - 06:03 WIB
Masjid Di Bangkok Ini Jadi Tempat Berkumpul Umat Islam Dari Seluruh Asia Selama Ramadan
skyscraper (Desktop - langit7.id)


LANGIT7.ID-, Jakarta- - Masjid Haroon, Bangkok, merupakan salah satu masjid di Thailand yang menjadi tempat berkumpulnya umat muslim untuk menjalankan ibadah. Menariknya, masjid ini menjadi tempat berkumpulnya para imigran dari seluruh Asia, khususnya pada bulan Ramadan tahun ini.

Umat Islam di Thailand merupakan minoritas, dimana hanya sekitar 5% dari 71,8 juta penduduk di Thailand. Namun setiap malam sepanjang bulan Ramadhan, para imigran muslim datang ke masjid di daerah Charoen Krung-Bang Rak ini untuk berdoa dan berbuka puasa bersama.

Daerah di jantung ibu kota Thailand ini adalah rumah bagi banyak Muslim yang menetap di Thailand setelah pindah dari negara-negara nya seperti Pakistan, India, Sri Lanka, Malaysia, Indonesia dan Myanmar.

“Ayah dan ibu saya datang ke Thailand pada tahun 1970, memulai bisnis yang diwariskan ke generasi saya,” kata pemilik toko perhiasan Hasim Raja Ameen.

“Saya tidak merasa berbeda. Saya menjalankan agama saya dan berpuasa selama Ramadhan setiap tahun, sama seperti Muslim Thailand dan Muslim di seluruh dunia,” kata Hasim, yang merupakan keturunan Tamil India.

Sebagai informasi, masjid ini sebelumnya sempat bernama Masjid Wat Muang Khae dan berstruktur bangunan kayu pada masa pemerintahan Raja Rama V hingga tahun 1868. Masjid ini kemudian mengalami sedikit renovasi dimana struktur sebelumnya menggunakan kayu, kini menggunakan semen.

Usai mengalami perubahan struktur bangunan, masjid tersebut dirubah namanya menjadi masid Haroon, untuk menghormati imam yang mengawasi pembangunan renovasi masjid tersebut.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan