Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home masjid detail berita

Doa Terhindar dari Rasa Mager dan Tips Penyemangat Pasca Libur Lebaran

esti setiyowati Ahad, 14 April 2024 - 08:00 WIB
Doa Terhindar dari Rasa Mager dan Tips Penyemangat Pasca Libur Lebaran
ilustrasi
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Usai menghabiskan libur lebaran, kini waktunya kembali ke aktivitas harian. Namun, bagi sebagian orang agak sulit kembali beraktivitas atau malas untuk kembali beraktivitas setelah libur panjang.

Lebih mengerikan lagi jika membuat kita malas beribadah, naudzubillah. Selain memotivasi diri, kita juga perlu mengimbanginya dengan berdoa agar terhindar dari rasa mager.

Melansir NU Online, Sabtu (13/4/2024), diriwayatkan Imam Bukhari dari Anas bin Malik ra, Rasulullah Saw pernah berdoa memohon perlindungan agar terhindar dari rasa malas.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli

“Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.”

Baca juga: Punya Utang Puasa Ramadhan, Bolehkah Berpuasa Syawal?

Tips Semangat Bekerja Usai Libur Lebaran

Tips agar semangat menjalani aktivitas harian ini dapat dipraktikkan oleh para pekerja kantoran dan karyawan pabrik, terutama bagi seorang muslim.

Dikutip Langit7.id, Sabtu (13/4/2024), berikut 7 cara mengembalikan semangat setelah libur panjang:

1. Niat karena Allah Ta'ala

Niatkan semua hal, baik pekerjaan atau studi, karena untuk mencari ridho Allah SWT. Seorang muslim diwajibkan untuk mencari rezeki yang halal dan baik karena Rabb-nya.

2. Awali dengan Bismillah

Awali pagi dan persiapan bekerja dengan membaca bismillah, sehingga muncul semangat bahwa segala sesuatunya karena Allah SWT, bukan karena materi semata.

3. Susun Rencana Menyenangkan

Saat memulai aktivitas bekerja, yakin lah bahwa aktivitas berangkat menuju kantor, bertemu dengan rekan kerja dan pulang kembali ke rumah merupakan hal yang menyenangkan.

4. Berbagi Cerita

Coba untuk mengagendakan berbagi cerita kepada sahabat dan rekan-rekan kerja di kantor, mulai dari pengalaman mudik, wisata di kampung halaman atau cerita saat libur lebaran

5. Hari Pertama Baru Pemanasan

Hari pertama bekerja umumnya masih pemanasan. Jangan dulu malas atau mengambil waktu liburan lebih lama lagi. Sebab pemanasan sebelum benar-benar bekerja itu sangat penting.

6. Hitung-hitung Olahraga

Saat libur lebaran, sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk santai, wisata kuliner dan rehat bersama keluarga. Rutinitas itu tentu tidak sehat, apalagi banyak makan dan sedikit bergerak, yuk ngantor hitung-hitung olahraga.

7. Ingat Uang Lemburan

Bagi Sahabat Langit7 yang tetap masuk atau piket saat lebaran umumnya ada uang lemburan. Nah, hari pertama bekerja bisa menjadi peluang untuk mengambil hak tersebut. Jadi semangat, kan?

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan