Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home global news detail berita

Proyek Megah Arab Saudi Sedang Tidak Baik Baik Saja

tim langit 7 Rabu, 08 Mei 2024 - 09:30 WIB
Proyek Megah Arab Saudi Sedang Tidak Baik Baik Saja


LANGIT7.ID-Arab Saudi; Perkembangan proyek prestius kota baru "NEOM" yang digarap Arab Saudi, sepertinya sedang goyah alias tidak baik baik saja.

Seperti dilaporkan wall street journal (WSJ), Arab saudi dalam proyek super megah ini mengalami lonjakan biaya yang tidak terduga sebelumnya. Selain itu ada persoalan kecerobohan dalam pembangunan konstruksinya.

Membangun bagian tengahnya, "Garis", tidak pernah mudah. Sepasang gedung pencakar langit yang sangat ambisius ini seharusnya lebih tinggi dari Empire State Building dan membentang di gurun sepanjang 105 mil, dengan ujung baratnya berakhir di pantai Laut Merah.

Skala yang luar biasa ini disertai dengan biaya yang sangat besar. Secara resmi, Neom dianggarkan sebesar $500 miliar, yang merupakan lebih dari 50 persen anggaran federal Arab Saudi. Demikian mengutip WSJ.

Proyek Megah Arab Saudi Sedang Tidak Baik Baik Saja

Perencanaan yang tidak tepat seperti itu terus menghantui Neom. 10 mil pertama gedung pencakar langit ini awalnya direncanakan akan selesai pada tahun 2030. Kini, panjang gedung tersebut telah dikurangi menjadi hanya 1,5 mil, dan ambisi untuk menampung jutaan penduduk pada tahap pertama juga turun menjadi kurang dari 200.000 jiwa.

Sementara itu, Neom menghabiskan sekitar $5 miliar hanya untuk membangun perumahan bagi para pekerja konstruksinya, dengan tambahan 100.000 pekerja yang akan bergabung dengan mereka. Tapi tampaknya ini pun tidak dirancang dengan banyak pandangan ke depan. Komunitas yang menjadi rumah bagi para insinyur dan pekerja administrasi Neom sudah perlu dihancurkan, menurut Wall Street, setelah lebih banyak revisi pada desain Jalur gedung pencakar langit akan melintasi lokasinya.

Di tempat lain di sepanjang Jalur, para pekerja saat ini sedang menggali lubang seluas 450 hektar yang berada 50 kaki di bawah permukaan laut untuk pembangunan marina. Dalam peristiwa yang lucu, menurut WSJ, tumpukan tanah yang mereka gali dibuang tepat di atas tempat saluran air seharusnya dibangun. Pekerjaan dilanjutkan dengan menggali kembali tumpukan tanah yang sangat besar tersebut dengan susah payah dan memindahkannya ke tempat lain — sebuah contoh nyata dari para perancang proyek yang menggali lubang sendiri.

(lam)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan