Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 19 Mei 2024
home wisata halal detail berita

Pesona Kebun Teh Medini, Destinasi yang Indah dan Menantang

arif purniawan Senin, 06 September 2021 - 11:09 WIB
Pesona Kebun Teh Medini, Destinasi yang  Indah dan Menantang
Kebun Teh Medini tak hanya perkebunan teh biasa, tetapi kini jadi destinasi wisata dengan panorama yang indah. (foto: Instagram/ @pesonamedini)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Semarang - Kabupaten Kendal memiliki area kebun teh yang panoramanya sangat indah. Kebun Teh Medini Kendal, yang berada di Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan adalah satu dari beberapa kebun teh di Jawa Tengah, seperti di Batang, dan Dieng Wonosobo.

Kebun Teh Medini ini sudah ada sejak tahun 1901, atau sejak kolonial belanda masuk ke Indonesia. Lokasinya berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut (mdpl), di sebelah utara Gunung Ungaran. Kebun teh di sini memiliki luas 386,82 hektare.

Dari atas sini, sobat Langit7 bisa menyaksikan pemandangan alam, baik itu gunung-gunung, sampai pesisir pantai Kota Semarang yang teramat jauh. Dengan catatan, pada saat di destinasi wisata yang memiliki udara dingin tersebut sedang tidak berkabut.

Jika pas panen, setiap pagi, nampak rutinitas ibu-ibu pemetik daun teh, dengan mengenakan topi dan keranjang besar di belakang punggungnya. Pada tahun 2001, belum ada campur tangan dari pihak desa dalam pengelolaan wisata.

Tapi kini, remaja desa setempat yang tergabung dalam Kelir, sudah turun tangan mengoptimalkan potensi wisata di sana.

Membuat papan petunjuk. Menyiapkan lahan parkir untuk sepeda motor. Kemudian, aula desa yang berada di sebelah timur masjid, sudah dimanfaatkan untuk menjual buah tangan, padahal dulu hanya rumah kosong.

Baca juga: Pesona Desa Wisata Cikolelet, dari Curug Kembar hingga Puncak Cibaja

Mereka juga menyediakan buah alpukat yang banyak tumbuh di tempat ini. Jika sedang masak, wisatawan bisa membeli langsung kepada warga pemilik pohon.

Selain kebun teh, di sini juga menawarkan camping ground, wisata danau Sendang Pengilon dan Goa Jepang, serta barak penginapan. Jika mau berfoto-foto, bisa memanfaatkan pemandangan alam yang masih asli. Pengunjung yang datang, dikenai tiket masuk Rp3.000, oleh penjaga pos Perhutani di Desa Ngesrep Balong.

Ada tiga jalur yang bisa dilewati traveler untuk menuju ke Kebun Teh Medini. Jalur pertama melewati Desa Ngesrep Balong. Rutenya jika dari arah Mijen sampai di Terminal Cangkirin, lurus saja ke arah Limbangan. Sampai ujung ada pertigaan, ambil kiri dan lurus. Sampai di Desa Ngesrep Balong, belok ke kanan lurus.

Jalur yang melewati perkampungan warga ini kurang bagus karena berbatu dan makadam. Disarankan untuk tidak menggunakan sepeda motor matix. Menggunakan motor trail yang memiliki ban pacul, sangat direkomendasikan. Apalagi, jarak 100 meter menuju kebun, harus melewati jalan menanjak dengan kemiringan curam dan jalan full batu.

Pesona Kebun Teh Medini, Destinasi yang  Indah dan Menantang

Salah seorang pengunjung Yhuani mengaku pemandangan alam di Kebun Teh Medini sangat bagus. Tapi karena alat transportasi yang dibawa kurang tepat, akhirnya harus membawa motornya ke bengkel usai berwisata.

“Panoramanya indah. Karena baru pertama kali, tidak tahu kalau jalurnya kurang bagus,” katanya.

Jalur kedua bisa melewati Desa Gonoharjo, Limbangan. Jika melewati jalur ini, tidak direkomendasikan untuk menggunakan sepeda motor, karena tanjakan yang sangat terjal dan amat membahayakan. Sobat Langit7 alangkah baiknya berjalan kaki, dengan memarkirkan kendaraan di areal wisata pemandian air panas Nglimut, Gonoharjo.

Tapi jika menggunakan sepeda motor ingin turun lewat dari jalur Gonoharjo, masih memungkinkan, meski cukup berbahaya. Harus benar-benar motor yang sehat, dalam artian rem dalam kondisi bagus, karena akan melewati banyak tepi jurang di sisi kiri jalan.

Jalur ketiga untuk sampai ke Kebun Teh Medini bisa melewati Desa Kalisidi Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Lewat jalur ini, pengunjung akan melewati hutan-hutan dan Gunung Gentong. Sebelum tiba di areal Kebun Teh Medini, akan melewati kebun cokelat tang berada di sisi selatan kebun teh. Jalur ini tidak dianjurkan untuk pendatang baru.

(sof)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 19 Mei 2024
Imsak
04:25
Shubuh
04:35
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:47
Isya
18:59
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan