Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 28 Mei 2024
home sosok muslim detail berita

Kisah Cecep Abdullah Keliling Kampung Bersih-Bersih Tempat Wudhu dan Toilet Masjid

esti setiyowati Selasa, 14 Mei 2024 - 06:00 WIB
Kisah Cecep Abdullah Keliling Kampung Bersih-Bersih Tempat Wudhu dan Toilet Masjid
Muhammad Cecep Abdullah, pria asal Sukabumi yang sukarela dan ikhlas membersihkan tempat wudhu dan toilet masjid-masjid.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Viral video yang memperlihatkan seorang pemuda berkeliling desa untuk membersihkan masjid-masjid yang ditemui. Adalah Muhammad Cecep Abdullah, pria asal Sukabumi yang sukarela dan ikhlas membersihkan tempat wudhu dan toilet masjid-masjid.

Melalui akun Instagram @cleanermasjid, terlihat Cecep menjalankan aksinya seorang diri membersihkan tempat wudhu dan toilet masjid yang kotor hingga menjadi bersih.

"Cecep senang kalau lihat orang keluar dari WC dia itu mukanya ceria gitu. Soalnya WC nya bersih. Cecep nggak peduli seberapa kotor tempat yang Cecep bersihin, tapi Cecep peduli seberapa banyak orang yang senang ketika melihat WC nya bersih," kata Cecep seperti diberitakan di kanal Youtube DAAI TV, dilihat Senin (13/5/2024).

Baca juga:Sosok Thoriq Hakam, Dokter Muda UM Surabaya yang Sukses Jadi Pengusaha

Untuk urusan penyediaan alat-alat pembersihnya, Cecep mengaku merogoh dari koceknya sendiri. Pria yang sehari-hari berjualan cilok dan tahu gejrot ini menyisihkan penghasilannya untuk membeli sikat, sabun pembersih dan lainnya.

Cecep mengaku, kegiatan bersih-bersih ini sudah dilakukan sejak tahun 2012, saat ia berusia 14 tahun. Namun, baru kali ini Cecep mengunggah aksinya di media sosial.

Selain membersihkan tempat wudhu dan toilet yang kotor, dalam salah satu unggahannya Cecep juga mengecat dinding area wudhu yang kusam.

Meski belum banyak konten yang diunggah, namun aksi Cecep yang tersebar di media sosial mampu menarik sejumlah dai kondang seperti Ustaz Irfan Rizki Haas dan Habib Husein Hadar.

"Sehat lancar berkah selalu ya mas, semoga selalu dalam lindungan ALLAH," doa Ustaz Irfan Rizki Haas.

"Kesucian diri sebagian dari iman. Orang yang menjaga kesucian yang lain, InsyaAllah salah satu tanda iman padanya. Terima kasih, Bro," ungkap Habib Husein.

Usai videonya viral di media sosial, aksi Cecep mendapat dukungan dan warganet. Banyak yang tertarik untuk berdonasi dan membelikan alat-alat pembersih untuk menunjang aksi Cecep bersih-bersih toilet dan tempat wudhu masjid.

Hal ini terlihat dari peralatan bersih-bersih yang semula seadanya, kini tampak terlihat mulai komplit. Di awal konten yang diunggah, Cecep terlihat hanya mengandalkan sabun pencuci piring, senyawa kimia citrun acid dan sikat.

Sejumlah warganet sempat melontarkan permintaan agar Cecep melengkapinya dengan sarung tangan dan masker untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

"Mas, maaf kalau bersihkan lobang jambah itu please tolong pakai sarung tangan karet itu mas yang panjang sampai siku. Banyak sangat itu kuman-kuman yang tak nampak di mata kasat dan itu tak ilang walau kita cuci dengan sabun. Dan itu mas gunakan lagi buat makan. Ini kebersihan dan kesehatan mas.. please sangat2 semoga mas selalu sehat dan panjang umum," tulis akun @unia***.

Imbauan dari netizen pun diindahkan Cecep. Kini di konten terbaru, Cecep sudah mengenakan sarung tangan dan sejumlah alat pembersih lengkap.

"Akhirnya pake sarung tangan, Barakallahu fiik," ungkap akun @sarah**.

"Alhamdulillah skrg pake sarung tangan, jadi mengurangi iritasi, sehat2 mas," tambah @ainfauzi***.

"Senang masnya udah pakai sarung tangan" kata @ners.r**.

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 28 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:15
Maghrib
17:47
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan