Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home community detail berita

Setelah Pandemi, Gerakan Mukena Bersih Bergiat Kembali

lusi mahgriefie Rabu, 12 Juni 2024 - 15:00 WIB
Setelah Pandemi, Gerakan Mukena Bersih Bergiat Kembali
Gerakan Mukena Bersih (GMB), komunitas muslimah yang memastikan tersedianya mukena bersih di tempat ibadah umum, musala dan masjid.Foto/Dok GMB
LANGIT7.ID-, Jakarta- - Gerakan Mukena Bersih (GMB) ada sejak tahun 2007 silam. Begitu besar aksi ini hingga merambah 93 kota di Indonesia serta memiliki sekira 1.500 relawan pemelihara.

Sayangnya, saat pandemi aktivitas GMB menurun akibat situasi yang tidak memungkinkan. Namun di 2024 ini GMB bergiat kembali.

GMB merupakan program pembelajaran nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari, dengan memastikan tersedianya mukena bersih di tempat ibadah umum (mushola dan masjid).

Baca juga:Syiar dan Aksi Peduli Kebersihan Lewat Gerakan Mukena Bersih

Gerakan ini diprakarsai oleh Gita Saraswati bersama lima teman lainnya yang juga pengurus yakni Diana Herutami, Indrawati DP, Niken Pongky, Dewi H. Gondokoesoemo, dan Siska Utami.

“GMB adalah a lifetime project untuk saya dan pengurus yang lainnya. Ups and downs kami lalui, khususnya saat pandemi selama 3 tahun, kisaran satu tahun kami tidak bersyiar dan sempat harus berpikir ulang untuk menemukan cara yang sesuai dengan perubahan-perubahan gaya hidup masyarakat luas pascapandemi,” ujar Gita saat ditemui Selasa (11/6/2024).

Setelah Pandemi, Gerakan Mukena Bersih Bergiat Kembali

Syiar yang dimaksud Gita adalah melakukan program sosialisasi ke sejumlah daerah untuk menjelaskan apa itu GMB serta menjaring lebih banyak lagi relawan. Relawan inilah yang kemudian membantu menggerakkan GMB untuk mencapai tujuan.

Program dibagi dua dalam kegiatan utama di GMB yaitu pengadaan mukena yang diupayakan dengan berbagai kegiatan penggalangan dana untuk mendapatkan para donatur, dan pemeliharaan mukena oleh relawan dengan sebutan Relawan Pemelihara.

Meski GMB tidak melakukan sosialisasi selama masa pandemi namun aksi ini tidak lantas berhenti total. Tetap saja ada relawan yang menghubungi meminta bergabung, turut andil dalam aksi sosial tersebut.

“Zona merah ketika pandemi tidak terjadi di semua kota, tapi hanya di kota-kota besar saja. Jadi tetap saja ada permintaan relawan yang mau bergabung. Dalam satu minggu ada satu sampai dua permintaan,” ungkapnya.

Untuk memastikan semua baik-baik saja, Gita menambahkan, ia dan tim harus check terlebih dahulu tentang peraturan daerah yang ada di daerah tempat relawan tuju. Sebab, ia tidak mau aksi sukarela GMB ini malah melanggar peraturan pemerintah dan justru berakibat buruk.

Setelah masa pandemi selesai, permintaan relawan mulai bertambah, lebih baik dari masa pandemi. Sejak akhir 2023 permintaan cukup meningkat signifikan.

Memasuki 2024 semua tampak kembali normal. Terhitung hingga pertengahan 2024 puluhan relawan bergabung. “Karena itu kami (GMB, red) akan melakukan reactivation (bergiat kembali, red) karena situasi sudah kembali normal. Sebelumnya masih cek situasi apakah kondisi sudah normal,” ujar Gita optimis.

Sebagaimana sunnah Rasulullah Saw, “Kebersihan adalah bagian daripada iman.” Kebersihan spiritual melalui kebersihan fisik adalah tujuan akhir dari program GMB. Tentunya, dengan mukena bersih diharapkan bisa menambah kekhusyukan beribadah dan memperkuat ukuwah Islamiyah dalam Upaya bersamanya,” tutup Gita

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan