Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 20 Juli 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Happy Ending! Prof Budi Santoso Kembali Jadi Dekan FK Unair

tim langit 7 Rabu, 10 Juli 2024 - 07:00 WIB
Happy Ending! Prof Budi Santoso Kembali Jadi Dekan FK Unair
Rektor Unair Prof Nasih (kanan) dan Dekan FK Prof Budi Santoso saat konferensi pers di Kampus C, Selasa (9/7/2024).
LANGIT7.ID-, Surabaya- - Pemecatan Prof Budi Santoso dari Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unair berakhir bahagia. Prof Bus, panggilan Budi Santoso, akhirnya kembali menjabat Dekan Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga (FK Unair).

Rektor Unair, Prof Mohammad Nasih menyampaikan hal itu di hadapan media, Selasa (9/7/2024) di Kampus C.

"Saya sudah menerima surat dari Prof Bus (panggilan Prof Budi Santoso), tulisan tangan agak sulit dibaca. Tapi saya sudah paham intinya. Dan Alhamdulillah, Prof Bus menjabat kembali sebagai Dekan FK Unair. Kami mohon maaf, serial ini berakhir sampai di sini," kata Prof Nasih.

Diakui Prof Nasih tidak ada yang mendadak dari semua kejadian itu. Semua sudah melalui proses yang sudah sesuai. "Media saja yang tahunya mendadak," ungkapnya.

Baca juga:FK Unair Tolak Dokter Asing ke Tanah Air, Ini Alasannya

Diakui Prof Nasih, Unair ini punya banyak perjanjian, punya banyak fungsi yang harus dijaga dengan komitmen. "Kapan kita ini bertindak sebagai bapak, suami, istri, kapan jadi pejabat, PNS (pegawai negeri sipil) dan kapan sebagai dokter," jelasnya.

Prof Nasih menegaskan, Unair tidak membatasi apapun asalkan berada di bawah koridor dan di mimbar akademik. "Kita punya 3.500 publikasi yang semua itu kebebasan akademik. Sifatnya akademik" tandasnya.

Prof Budi Santoso yang hadir menemui media bersama Prof Nasih mengaku senang dengan semua ini. Prof Bus mengaku salah atas semua kejadian ini. "Mungkin semua salah saya. Saya yang mengatasnamakan pribadi kelewatan mengatasnamakan institusi. Saya meminta maaf atas semua ini," tuturnya

Kasus ini bergulir saat Prof Bus menerima SK pemberhentian sebagai dekan FK pada Rabu (3/7/2024). Sebelumnya pada Senin (1/7/2024) Prof Bus dipanggil Rektor Unair tentang masalah pemberitaan impor dokter dari luar negeri.

Permasalahan berlarut-larut hingga tim FK Unair menemui rektor dan bermediasi. Prof Bus sendiri didampingi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya mengirimkan surat ke Rektor Unair.

Ketua Tim Mediasi FK Unair, dr Yan Efrata Sembiring mengaku senang menyaksikan rektor dan dekan FK berangkulan dan saling legowo serta saling memaafkan.

"Tentunya ini sesuai dengan harapan dan permintaan kami. Puji syukur semua kembali seperti semula. Prof Bus bisa kembali bekerja di FK Unair," ujarnya.

Sementara itu, jumpa media yang digelar di halaman Masjid Ulus Azmi Kampus C Unair ini penuh dengan drama. Para pimpinan Rektorat, Wali Amanat dan pimpinan serta jajaran dosen dan tendik FK Unair berkumpul dan melakukan sholat ashar berjamaah di masjid itu.

Setelah selesai shalat ashar, Prof Bus dan Prof Nasih dan seluruh jajaran memberikan keterangan pada media. Semua penuh kehangatan. Mereka saling berangkulan dan berpelukan. Seakan sebagai tanda berakhirnya drama yang menyita banyak perhatian.

Usai pernyataan bahwa Prof Bus kembali menjabat seluruh staf dan pimpinan mengucap syukur dan berangkulan. Semua nampak senang karena berakhir dengan bahagia.

Bahkan dr Ario Jatmiko yang juga menjadi garda terdepan untuk memediasi masalah ini juga nampak memeluk Prof Nasih

(ori)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 20 Juli 2024
Imsak
04:35
Shubuh
04:45
Dhuhur
12:03
Ashar
15:24
Maghrib
17:57
Isya
19:09
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan