LANGIT7.ID-, Jakarta- - "Pelan-pelan." Di sebuah ruangan tenang Hotel Cala Di Volpe, Sardinia, para ahli Aston Martin mengingatkan agar tidak terlalu bersemangat saat pertama kali menginjak pedal gas. Hanya dengan sedikit tekanan berlebih pada pedal mobil yang gagah ini, Anda bisa terlontar ke masa depan. Nasihat yang bijak, dan benar-benar menggoda.
Mengatakan bahwa Aston Martin Vanquish baru memiliki banyak ekspektasi untuk dipenuhi adalah sebuah pernyataan yang sangat sederhana. Penciptaan V12 Vanquish original - versi produksi dari mobil konsep super-GT tahun 1998 yang disebut Project Vantage - adalah momen penting bagi Aston Martin: platform radikal baru yang terdiri dari transmisi paddle shift enam percepatan pertamanya, bodi dari aluminium ekstrusi (kini menjadi ciri khas merek), mesin V12 baru bertenaga 460 bhp yang hanya dibagi dengan DB7 Vantage, semuanya dibungkus dalam desain Ian Callum yang tangguh dan menawan.
Langsung mencuri hati dan pikiran, dan menjadi semacam cerita asal-usul era baru yang berani dari merek ini.
Untuk berhasil membayangkan ulang mobil ini di tahun 2024 bukan hanya menciptakan mobil yang mencuri perhatian yang layak menyandang nama bersejarah merek ini, tetapi juga menghadirkan mahkota kemuliaan untuk repositioning Aston Martin dalam segmen ultra-mewah dan ultra-performa. Ditambah lagi, mobil ini perlu menjadi penantang yang layak untuk Ferrari 12Cilindri dan membenarkan taruhan mereka bahwa pasar masih memiliki permintaan untuk mesin pembakaran dalam multi-silinder berkapasitas tinggi ini.
Ini adalah renaissance yang mulia. Sesuai semangat Vanquish Mk1, semuanya baru, termasuk sasis, wheelbase, powertrain dan arsitektur eksternal. Dari kepala silinder hingga blok mesin dan camshaft, setiap elemen dari mesin V12 Twin Turbo 5,2 liter telah dioptimalkan untuk meningkatkan tenaga dan responsivitas.
Hasilnya luar biasa - mobil produksi massal terkuat yang pernah dibuat Aston Martin, dengan kecepatan tertinggi 214 mph, akselerasi 0-60 dalam 3,2 detik, tenaga 835 hp (160 hp per liter, bahkan melampaui Valkyrie) dan torsi 1.000 Nm. Membuka throttle dalam mode Sport di jalan lurus Costa Smeralda yang lapang dan kosong terasa seperti mengendarai roket bazooka, sebagian tubuh Anda seolah menyatu dengan kulit jok di belakang.
Di antara inovasi Vanquish adalah sistem yang Aston sebut sebagai 'Boost Reserve'. Pada dasarnya, ini adalah turbocharger yang sangat responsif yang menghirup dan memampatkan udara ekstra dan menyimpannya dalam semacam ruang antara, membangun tekanan di latar belakang untuk saat throttle dilepas dan ditekan kembali. Ini bukan sesuatu yang Anda rasakan ketika turbo berputar pada kecepatan maksimum, tapi lebih terasa saat berkendara transien.
Mengatur pedal gas melalui tanjakan berkelok Sardinia adalah pengalaman yang lebih mulus, tanpa jeda dalam pengiriman tenaga. Ada juga efisiensi ruang dibandingkan turbo compound atau sequential, yang sangat penting ketika Marek Reichman, kepala kreatif Aston Martin, mencoba membuat bodi dengan proporsi presisi.
"Ini adalah perwujudan dari sebuah perasaan," kata Reichman tentang desainnya. "Vanquish pertama adalah mobil yang sangat bertenaga. Dominan. Berotot. Dan itulah yang ingin saya tunjukkan." Dan dia berhasil. Wheelbase-nya panjang mencapai 2.885 milimeter, dengan pilar-A yang sangat memanjang ke poros depan, memberikan stance yang kokoh dan gagah.
Mobil ini memiliki lekuk berotot yang sama seperti pendahulu Vanquish, hanya saja lebih besar, dengan lebar trek belakang bertambah 25 milimeter dibanding DBS sebelumnya. Untuk menambah keganasan, Vanquish memiliki grille depan yang lebih besar; ventilasi berbentuk panah yang terinspirasi Formula 1 di kap mesin yang terskulptur; dan lekukan tajam pada spoiler, menekankan bagian akhir yang keras dari ekor Kamm.
Tampilannya garang, dalam artian yang terbaik. Dan jika Reichman ingin bukti konsep lebih lanjut, dia bisa mengumpulkan semua rahang yang jatuh di trotoar Olbia saat konvoi kami melintas. Meskipun ini adalah mesin yang dibangun untuk kekuatan dan dominasi, posisi baru Aston di pasar bergantung pada sesuatu yang lebih.
Selain mengejutkan Fiat Pandas saat menyalip, status Vanquish sebagai super-GT bergantung pada kemampuannya untuk memanjakan Anda selama perjalanan panjang juga. Ini adalah mobil yang harus terasa selembut ketika menakutkan. Kemewahan kelas atas di interior kini menjadi standar dalam model generasi berikutnya, dengan kulit superior, keseimbangan khas antara tombol keras dan tombol taktil di konsol tengah - ini telah diturunkan di Vanquish untuk mendorong keluar diafragma kabin - sistem infotainment mutakhir (dan besar), dan sistem audio Bowers & Wilkins.
Kenyamanan berkendara juga ditingkatkan, dengan penguatan underbody yang ditingkatkan dan Damper Bilstein DTX yang memberikan stabilitas dan kelenturan, plus fitur pengereman sudut baru dalam ABS, memungkinkan penggunaan pedal rem yang lebih halus dalam jam-jam tikungan lembut.
Seperti yang direncanakan, Aston Martin Vanquish 2024 bukanlah kebangkitan sebuah legenda; ini adalah reinkarnasi. Ini menghadirkan titik balik lain bagi merek ini, ke era di mana supercar harus menunjukkan lebih dari sekadar kecepatan. Vanquish bukan hanya monster, tapi dunia untuk dihuni dan ekspresi kekuatan, kemewahan dan identitas. (elitetraveler)
(lam)