Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita

Uu: Sanitasi Pesantren Perlu Perhatian dari Berbagai Pihak

ahmad zuhdi Kamis, 14 Oktober 2021 - 12:05 WIB
Uu: Sanitasi Pesantren Perlu Perhatian dari Berbagai Pihak
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. (Foto: Istimewa)
LANGIT7.ID - Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat intens menyebarluaskan pesan-pesan kesehatan melalui program Pesantren Sehat Santri Berseri untuk mengedukasi penerapan hidup sehat di pondok pesantren.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat memberi sambutan secara virtual pada Kegiatan Training of Trainers (ToT) Program Pesantren Sehat Santri Berseri, Rabu (13/10).

Baca juga: Dies Natalis FISIP Unpad, Gus Halim Harap Kampus Dampingi dan Membersamai Desa

"Kami ingin ada pendidikan khusus tentang kebersihan lingkungan, tentang sanitasi kepada para santri dan para pengelola pondok pesantren, karena terkadang mereka memahami hal seperti itu tetapi action di lapangan tidak bisa," kata Uu dalam keterangannya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sanitasi ponpes merupakan usaha kesehatan masyarakat yang dapat mempengaruhi pada derajat kesehatan. "Di ponpes masih memerlukan perhatian dari berbagai pihak terkait, baik dalam aspek akses pelayanan kesehatan, berperilaku sehat, maupun aspek kesehatan lingkungannya," ucapnya.

Baca juga: Pembangunan Rusun Ponpes Hidayatul Ulum Ditargetkan Rampung Akhir November

Ia pun turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan program Pesantren Sehat Santri Berseri.

"Harapan kami, harus ada implementasi dari kegiatan ini, minimal ada beberapa ponpes di Jawa Barat menjadi pilot project dalam rangka menjadikan percontohan dalam bidang kesehatan, kebersihan, dan sanitasinya," kata Uu.

Baca juga: Awalnya Akan Diperingati 1 Muharram, Inilah Pengusul Hari Santri Nasional 22 Oktober

(asf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan