Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home home & garden detail berita

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik

muhammad rifai akif Kamis, 25 November 2021 - 18:27 WIB
Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Konsep dapur terbuka kini banyak digunakan untuk rumah modern minimalis. Foto: LANGIT7/iStock
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Bagi yang hobi, memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan. Bahkan untuk beberapa orang, kegiatan ini bisa jadi penghilang stres. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan pikiran, tujuan memasak adalah menyiapkan santapan untuk keluarga.

Memasak bakal jadi kegiatan menyenangkan bila ditambah dengan suasana dapur yang menyenangkan. Salah satu desain dapur yang bisa membuat aktivitas memasak jadi mengasyikan adalah konsep dapur terbuka.

Baca juga: Tips Sederhana Membuat Dapur Terlihat Bersih dan Rapi

Apa sih dapur terbuka itu? Dapur terbuka dapat diartikan menjadi dua macam yaitu dapur yang berdampingan langsung dengan ruang makan atau ruang keluarga, dan dapur yang berdampingan dengan taman belakang.

Konsep dapur terbuka ini populer digunakan di restoran atau kafe. Fungsinya untuk menarik pengunjung yang datang. Perlahan konsep ini pun mulai dipakai di rumah-rumah modern.

Sebagai referensi, berikut beberapa inspirasi desain dapur terbuka yang bisa membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya.

Dapur dengan desain warna netral

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Foto: Pinterest

Bila Anda menginginkan ruang yang sempit terlihat adem, bersih dan luas, pilihlah warna netral atau putih di dinding untuk menimbulkan kesan tersebut.

Aplikasikan beberapa warna netral yang kontras dengan warna dinding. Misalnya dinding dapur berwarna putih, Anda bisa menambahkan coklat muda untuk menambah warna pada dapur terbuka. Agar ruang tidak termakan banyak oleh perabot, gunakan perabotan yang hemat tempat. Seperti meja dapur dan kitchen yang sudah dilengkapi rak, kabinet atau laci.

Suasana terbuka lebar

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Foto: Pinterest

Manfaatkan penggunaan jendela untuk memunculkan kesan terbuka plong pada dapur. Dengan banyaknya bukaan dapur pun jadi terlibat lebih terang, sehingga aktivitas memasak pun jadi lebih mengasyikan.

Gaya Japandi dengan konsep yang hemat ruangan, bisa Anda pilih di rumah dengan space terbatas. Konsep ini memungkinkan Anda membuka jendela untuk menghirup udara segar saat memasak.

Desain dapur terbuka minimalis modern

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Foto: Pinterest

Jika Anda menginginkan ruangan dapur yang terbuka dengan minim renovasi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menambah jendela di area dapur. Misalnya, Anda bisa membobok tembok pembatas antara dapur dan ruangan di sebelah, lalu tambahkan jendela untuk pemanis. Voila! Dapur Anda pun langsung memiliki konsep terbuka.

Umumnya desain dapur minimalis didominasi dengan unsur kayu dan dinding ekspos warna abu-abu muda atau elemen natural lain. Untuk menambah kesan estetik, tambahkan rak gantung yang multifungsi dan hemat ruang.

Dapur terbuka dengan unsur kayu

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Foto: Pinterest

Mulai dari bagian plafon, lantai dan sebagian dinding dari konsep dapur ini menggunakan material kayu. Agar tidak terlihat monoton dengan unsur kayu, Anda bisa mengkombinasikan dengan furnitur berwarna natural tapi memiliki material yang berbeda. Misalnya untuk lampu gantung, kompor menggunakan perkakas bermaterial stainless steel atau island dengan marmer putih.

Dapur terbuka yang berbatasan dengan teras belakang ini juga bermanfaat sebagai area berkumpul, sehingga aktivitas lebih maksimal karena dua ruangan yang terhubung langsung.

Dapur terbuka memanjang

Inspirasi Desain Dapur Terbuka, Bikin Suasana Masak Jadi Asyik
Foto: Pinterest

Bila area dapur Anda berbentuk memanjang, tak perlu khawatir sulit memaksimalkannya. Manfaatkan bagian dinding untuk furnitur multifungsi. Anda bisa membuat kitchen set yang jadi satu dengan kompor dan tempat cuci piring. Dengan begitu, Anda lebih hemat ruang.

Untuk bagian dinding sisi lain, Anda bisa mendekorasinya dengan hiasan yang simpel. Meja makan pun pilih yang polos dan sederhana, sehingga dapur menjadi terlibat lebih luas dan pas dengan gaya modern urban kekinian.

Baca juga: Tumbuhan Herbal Penggugah Selera untuk Taman Mungil di Dapur

Nah, jika Anda terlalu repot untuk membuat jendela pada dapur, bisa maksimalkan dengan pecahayaan. Pilih warna yang kontras untuk membuat ruangan jadi lebih terang dan luas.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan