alexametrics
kalender Rabu, 19 Januari 2022
home home & garden detail berita
6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga
muhammad rifai akif Rabu, 29 Desember 2021 - 11:17 WIB
6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga
Desain kamar mandi modern. Foto: LANGIT7/iStock
LANGIT7.ID - , Jakarta - Umumnya kamar mandi berukuran lebih kecil dibanding kamar tidur. Meski begitu, ada cukup banyak masalah di kamar mandi yang bisa Anda temui. Mulai dari saluran air yang tersumbang, lubang shower tertutup jamur, kotoran yang menempel pada ubin, hingga noda membandel di beberapa titik tertentu.

Mengapa mengatur kamar mandi penting? Sebab, ruangan ini adalah tempat pertama dan terakhir Anda beraktivitas. Kamar mandi yang bersih dan terawat bisa mengatur suasana hati dan energi Anda di hari itu.

Baca juga: Jangan Asal-asalan, Ini 5 Aturan Kamar Mandi yang Baik dan Islami

Karena itu, untuk mengatasi masalah di kamar mandi, intip 7 tips berikut untuk membereskan masalah tersebut.

1. Buka sumbatan saluran air

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Rambut rontok menjadi masalah utama sumbatan saluran air di kamar mandi. Cara efektif untuk masalah tersebut adalah menggunakan kabel ties berukuran panjang. Potong kecil sisi kanan kirinya agar bisa menjadi kait seperti pancing ikan.

Bentuk kepalanya menjadi bulat sehingga kabel ties berbentuk dasi, Setelah itu masukkan ke lubang saluran pembuangan air putar beberapa kali untuk mendapatkan rambut rontok dan kotoran yang menyangkut di saluran air.

2. Air dari shower mengalir kecil

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Punya shower di kamar mandi, tapi air yang mengalir dari shower seperti ada yang tersumbat? Jika mengalami seperti itu, maka yang perlu Anda lakukan adalah tiga tips berikut ini.

Pertama, lepaskan kepala shower dari badannya dan lepaskan pembatas aliran. Anda bisa menggunakan obeng atau tang berujung runcing untuk membukanya. Pasang kembhali kepala shower dan rasakan pancurannya apakah sudah mengalir normal atau belum.

Jika air masih mengalir kecil, kemungkinan ada kotoran yang menyumbatnya. Maka cara membersihkannya adalah mengikat kepala shower dengan sekantong plastik bening yang berisi penuh cuka putih dan membiarkannya selama sekitar satu jam. Hal ini akan membantu melarutkan apa pun kemungkinan yang menyumbatnya.

3. Cerahkan ubin kamar mandi dengan cat keramik

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Jika dinding kamar mandi Anda dari ubin atau keramik, seringkali warna menjadi kusam seiring waktu. Agar kamar mandi tetap bisa memberi mood bagus setiap harinya, Anda bisa mengecat dinding dengan cat khusus ubin.

Namun, sebelumnya pastikan dulu Anda memiliki waktu khusus untuk pengerjaannya. Karena prosesnya membutuhkan beberapa tahapan yang harus dilewati.

Pertama hilangkan debu dan kotoran yang menempel dengan mendempul terlebih dulu. Kemudian ampelas sebelum mengecat dinding ubin. Terakhir gunakan pembersih alami daripada menggunakan bahan kimia, karena sifatnya yang lebih keras dapat mempengaruhi cat nantinya.

4. Segarkan detail kecil

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Jika kamar mandi tidak membutuhkan perombakan total, Anda tetap bisa mempercantiknya dengan membersihkan detail yang ada di kamar mandi. Seperti tepian pancuran yang biasanya memiliki warna dinding berbeda atau dempul di sekitar bak mandi. Membersihkan bagian-bagian kecil ini akan membuat kamar mandi makin cling dan lebih indah.

Anda juga bisa menggunakan bahan kimia untuk membersihkan kerak membandel di sudut-sudut tertentu di kamar mandi.

5. Pemilihan warna dan pencahayaan yang tepat

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Salah satu yang bisa merusak nuansa mandi santai adalah pencahayaan yang tidak baik. Warna di dalam ruang memiliki dampak besar untuk memberikan nuansa yang menyegarkan di kamar mandi. Siasati dengan memberi warna dan pencahayaan yang menenangkan dan hangat.

Anda juga bisa menambahkan lampu tersembunyi di area pancuran atau mengganti dengan bohlam yang bisa berubah warna. Mood Anda pun bisa terjaga seharian setelah mandi.

6. Tambahkan aksesoris

6 Tips untuk Memperbaiki Masalah di Kamar Mandi Buat Mood Tetap Terjaga


Untuk melengkapi ruang di kamar mandi, hiasi dengan beberapa aksesoris. Anda bisa menggantungkan daun eukaliptus di sekitar kepala pancuran Anda untuk merasakan spa dan manfaat peningkatan kesehatan. Uap dari pancuran Anda akan membantu melepaskan minyak tanaman yang dikenal dapat mengurangi peradangan, rasa sakit, dan stres, serta meningkatkan kesehatan pernapasan.

Baca juga: Hindari Menyimpan 7 Benda Ini di Kamar Mandi

Cermin tanpa kabut jadi pilihan tepat untuk membawa mandi Anda ke tingkatan berikutnya. Selain itu kehadiran cermin di kamar mandi memudahkan para pria untuk bercukur dan membersihkan diri.

Nah, setelah kamar mandi Anda bertransformasi, maka mood untuk beraktivitas selama seharian pun tetap terjaga dengan baik. Membuat perubahan besar atau kecil pada kamar mandi bisa mengubah perasaan Anda setelah berada di dalamnya.
(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 19 Januari 2022
Imsak
04:20
Shubuh
04:30
Dhuhur
12:07
Ashar
15:30
Maghrib
18:19
Isya
19:33
Lihat Selengkapnya
QS. An-Nisa':59 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا ࣖ
Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.