Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 19 April 2024
home lifestyle muslim detail berita

Tahun Baru Mobil Harus Prima, Ikuti 4 Tips Perawatannya saat Musim Hujan

Fifiyanti Abdurahman Sabtu, 01 Januari 2022 - 08:33 WIB
Tahun Baru Mobil Harus Prima, Ikuti 4 Tips Perawatannya saat Musim Hujan
Ilustrasi perawatan mobil saat musim hujan. Foto: Istimewa
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Menghadapi musim hujan membuat para pemilik mobil harus lebih ekstra merawat kendaraan kesayangannya. Berbeda dengan musim kemarau, kendaraan roda empat umumnya memang butuh perawatan yang lebih intens di saat musim hujan. Ada berbagai aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan performa mobil tetap prima dalam menghadapi efek curah hujan yang meningkat.

Kadar kelembaban dan kandungan zat asam air hujan yang menempel di bagian mobil bisa menyebabkan kerusakan, seperti karat. Bahkan, air hujan juga bisa mengganggu kinerja mesin, bila sampai masuk ke komponen mesin.

Baca juga: Bangun Pabrik, Xiaomi Siap Produksi 300 Ribu Mobil Listrik

Menurut Marketing Manager Autoglaze Stephen Setyadi, pemilik mobil harus lebih memperhatikan penampilan dan kondisi mesin mobil di saar cuaca ekstrem seperti saat ini.

"Menjaga kondisi teknis kendaraan menjadi hal wajib dilakukan untuk memastikan keamanan saat berkendara," kata Stephen dalam keterangan tertulisnya.

Ingin tahu apa saja yang harus dilakukan untuk merawat mobil saat musim hujan? Simak beberapa tipsnya dari Autoglaze:

Lakukan pembersihan komponen mesin mobil

Air hujan bisa dengan mudah masuk ke dalam komponen mesin melalui celah kap mobil. Padahal, komponen mesin adalah salah satu bagian krusial yang menentukan performa mobil.

Oleh karena itu, perlu dipastikan bahwa tidak ada satu pun fungsi komponen mesin yang terganggu karena adanya endapan kotoran yang terbawa oleh air hujan.

Perhatikan kondisi wiper dan permukaan kaca

Wiper mobil memegang peranan penting untuk menjaga keselamatan berkendara di tengah hujan. Selain memastikan kelayakan kondisi wiper, Anda juga bisa memberi lapisan coating pada kaca mobil sebagai alternatif proteksi yang lebih optimal.

Memberi lapisan coating akan melindungi permukaan kaca dengan partikel nano yang membuat air sulit menempel, sehingga Anda akan merasa tetap nyaman saat berkendara di tengah kondisi hujan dengan jarak pandang yang lebih jernih.

Jangan menunda cuci mobil

Malas mencuci mobil di musim hujan karena takut merasa sia-sia akan menjadi kotor lagi akibat terguyur hujan atau terciprat genangan air? Faktanya, Anda tidak boleh membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya di bodi dan kaca mobil untuk menghindari risiko menempelnya water spot atau bercak jamur.

Baca juga: Samsung Electronics Luncurkan Tiga Chip Otomotif Baru untuk Mobil Mewah

Berikan perawatan khusus agar cat mobil tetap awet

Mobil yang sering terkena hujan tanpa diberi perawatan khusus lambat laun akan mengalami kerusakan pada permukaan cat mobil. Selain mencuci mobil, Anda dapat memberikan sentuhan lebih pada mobil dengan melakukan coating.

Agar lebih memudahkan Anda memiliki waktu luang, bisa memanfaatkan salon mobil seperti Autoglaze yang memberikan berbagai layanan perawatan kendaraan. Bahkan, dalam salah satu layanannya tersedia fogging atau sterilisasi interior mobil yang menggunakan alat A+ Nano Mist yang mampu menghilangkan bakteri jamur dan virus.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 19 April 2024
Imsak
04:27
Shubuh
04:37
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:53
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan