home masjid

Tafsir Al-Baqarah Ayat 238: Perintah Pelihara Salat dan Khusyuk

Kamis, 18 Agustus 2022 - 22:00 WIB
Ilustrasi. Foto: Langit7.id/iStock.
Allah SWT menciptakan makhluk-makhlukNya agar mereka beribadah kepada Allah SWT. Sebagai salah satu makhluk Allah, manusia disebut makhluk sempurna karena diberi akal dan pikiran untuk berkehendak sendiri.

Tujuan Allah menciptakan manusia tidak lain untuk melaksanakan ibadah. Ibadah yang wajib danmudah untuk dilakukan, yaitu salat lima waktu atau salat fardu. Ini sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 238:

حَٰفِظُوا۟ عَلَى ٱلصَّلَوَٰتِ وَٱلصَّلَوٰةِ ٱلْوُسْطَىٰ وَقُومُوا۟ لِلَّهِ قَٰنِتِينَ

Artinya: Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wustha. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'.

Dalam tafsir Al-Mukhtashar dijelaskan, makna pelihara salat di kalimat itu yakni dengan cara menunaikannya secara sempurna sebagaimana perintah Allah. Kemudian menjaga salat yang berada di tengah-tengah salat-salat lainnya, yaitu maknanya salat Asar. Kemudian Allah mengakhiri ayat tersebut agar manusia di dalam salatnya penuh dengan ketundukan dan kekhusyukan.

Baca Juga:Manfaat Salat 5 Waktu untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Selaras, dalam tafsir Ibnu Katsir dijelaskan, jika berada dalam keadaan takut (bahaya), maka salatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila dalam keadaan aman, maka dirikanlah salat sebagaimana Allah telah mengajarkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya