home wirausaha syariah

Selain Jamin Kualitas, Sertifikasi Halal Juga Sarana Promosi Nilai Islam

Sabtu, 11 Maret 2023 - 13:20 WIB
Sertifikasi halal tidak hanya menjadi standar kualitas produk, tetapi juga sarana mempromosikan nilai-nilai Islam. Foto: Istimewa.
Sertifikasi halal menjadi semakin penting karena pertumbuhan populasi Muslim di seluruh dunia, yang memerlukan lebih banyak produk halal yang tersedia di pasar.

Sertifikasi halal tidak hanya menjadi standar kualitas produk, tetapi juga sarana mempromosikan nilai-nilai Islam.

Selain sebagai masalah kepatuhan syariah bagi produsen dan konsumen, sertifikasi halal juga berimplikasi pada sosial dan ekonomi secara signifikan.

Baca juga: Titik Kritis Kehalalan Jus Buah Kemasan, Perlukah Sertifikasi Halal?

Dalam konteks dakwah, sertifikasi halal dapat dianggap sebagai cara mempromosikan ajaran agama melalui konsumsi produk halal, serta memberikan kontribusi positif bagi perekonomian umat Muslim secara global.

Ketua MUI Bidang Ekonomi Syariah dan Halal, KH Sholahuddin Al Aiyub mengatakan, perkembangan teknologi turut berimbas pada kompleksnya produksi manusia. Dampaknya, upaya jaminan halal juga semakin sulit.

Dalam konteks ini, katanya, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) mengambil peran melakukan salah satu bagian dalam proses penjaminan kehalalan sebuah produk.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya