Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Kamis, 18 April 2024
home community detail berita

Usung Semangat Persaudaraan, Dewan Dakwah Bekasi Gelar Rakerda di Bogor

Suandri Ansah Senin, 07 Februari 2022 - 18:10 WIB
Usung Semangat Persaudaraan, Dewan Dakwah Bekasi Gelar Rakerda di Bogor
Ketua Dewan Dawah Kabupaten Bekasi KH Ahbab Akhfas. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Kabupaten Bekasi menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) guna merumuskan proyeksi kerja-kerja dalam masa baktinya. Kegiatan bertajuk "Kita Tingkatkan Soliditas Pengurus Dewan Dakwah Islamiyah Kabupaten Bekasi" diselenggarakan secara hybrid di Bogor Jawa Barat baru-baru ini.

Ketua Dewan Da'wah Kabupaten Bekasi, KH Ahbab Akhfas menyampaikan bahwa pengurus yang tergabung dalam Dewan Da'wah terdiri dari berbagai Ormas keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Mathlaul Anwar, dan sebagainya. Menurut dia, keragaman ini adalah potensi strategis dalam menghimpun kekuatan dan persatuan umat.

"Insya Allah dengan berbagai macam asal-usul, kita mempunyai satu nilai yang ingin dicapai bersama," kata Kyai Ahbab.

Lebih lanjut, Kyai Ahbab menuturkan bahwa eratnya ukhuwah para ulama dicontohkan oleh almaghfurlah KH Noer Alie dengan allahu yarham Mohammad Natsir. Meskipun keduanya memiliki perbedaan dalam hal ubudiyah, namun dapat berjuang dengan visi, misi, dan tujuan yang sama.

Baca Juga: MIUMI Aceh: Membaca dan Amalkan Al-Quran Merupakan Kewajiban Setiap Muslim

"Nah, kita sebagai pelanjut perjuangan pak Natsir dan Kyai Noer Alie tidak ada alasan untuk tidak berjalan bersama mencapai satu tujuan. Insya Allah dari berbagai latar belakang dan profesi ini, dakwah akan menjadi lebih kuat dan sukses," ujarnya.

Menurut dia, terkadang kegagalan dakwah bukan faktor masyarakat yang menolak total seruan da'i, namun karena kurangnya istiqamah sang juru dakwah. Padahal ajakan tersebut tidak boleh berhenti sampai Allah SWT memanggil ke haribaanNya.

"Apapun tantangan, cacian, ejekan sampai kepada bujukan-bujukan, jangan pernah berhenti mengajak. Kita lihat bagaimana sejarah Rasulullah dalam berdakwah, diancam, dibujuk, sampai tokoh Quraisy menawarkan harta, wanita, dan kedudukan, namun Rasulullah menolak semua tawaran tersebut," tuturnya.

"Ini yang dipegang oleh para pendahulu kita, isy kariman aw mut syahidan (hidup mulia atau mati syahid). Itulah contoh-contoh yang dilakukan tokoh Dewan Da'wah, seperti Pak Natsir, Kasman Singodimedjo, sampai Kyai Noer Alie, semua perjuangan mereka harus menjadi teladan," imbuhnya.

Baca Juga: Produktif Tulis 1.000 Artikel Ilmiah, Ini Rahasia Adian Husaini

Pada kesempatan sama, Ketua Dewan Da'wah Kabupaten Bogor, Ustaz Abdul Halim menyampaikan bahwa alasan Pak Natsir menjadikan Dewan Da'wah berbentuk yayasan bukan ormas, karena berharap Dewan Da'wah menjadi rumah besar semua ormas Islam. "Inilah strategi cerdas Pak Natsir dalam menyatukan umat, karena tidak mungkin suatu ormas gabung ke ormas lain lagi," kata dia.

Ia menambahkan bahwa tiga titik yang mendapat perhatian istimewa dari Dewan Da'wah sejak dulu, yaitu masjid, pesantren dan kampus. "Kalau ketiga titik ini mampu dipegang dengan baik, dipastikan semuanya akan bersinar dengan indahnya," ujarnya.

Sebelumnya, pengurus Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia (DDII) Kabupaten Bekasi dilantik secara khidmat untuk masa bakti 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di aula KH Noer Alie lantai empat Gedung Bupati, Komplek Pemda Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021).

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Dewan Da'wah Jawa Barat Ustaz Roinul Balad. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Plt. Bupati Bekasi H Akhmad Marzuki, Ketua Umum Dewan Da'wah Pusat Dr Adian Husaini, dan jajaran Majelis Syura Dewan Da'wah Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Kemenag: Kebesaran Indonesia Hasil Padu Banyak Perbedaan

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Kamis 18 April 2024
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
11:55
Ashar
15:14
Maghrib
17:54
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan