Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 14 Juni 2024
home edukasi & pesantren detail berita
Mengenal SMK Raden Umar Said Kudus

Rintis Program Keahlian Animasi dengan Mentor dari Jepang dan Disney

arif purniawan Senin, 14 Februari 2022 - 06:06 WIB
Rintis Program Keahlian Animasi dengan Mentor dari Jepang dan Disney
Laboratorium Animasi SMK Raden Umar Said Kudus. (foto : Arif Purniawan)
LANGIT7.ID, Kudus - Nama SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus yang beralamat di Jalan Sukun Raya no 9, Besito, Gebog, Kabupaten Kudus, menyita perhatian publik dalam beberapa tahun terakhir. Pasalnya sekolah tersebut mampu memproduksi film animasi yang berkualitas, yang dikerjakan oleh para siswa.

SMK Raden Umar Said sendiri merupakan sekolah Islam swasta yang sejak 2005 membuka Program Keahlian grafika (percetakan), yakni persiapan grafika dan produksi grafika. Baru pada tahun 2012, menambah Program Keahlian desain komunikasi visual.

Berada di Kota Kretek, SMK RUS sendiri dulu menerima siswa yang tidak diterima oleh SMK Negeri dan SMA Favorit di Kudus. Akan tetapi, citra ini kini telah berubah ketika Djarum Foundation, dengan masuknya program Bakti Pendidikan ke sekolah tersebut pada tahun 2014.

Pihak Djarum Foundation menawarkan bantuan untuk membuka Program Keahlian yang berkelanjutan, tapi dengan syarat dan target yang harus dicapai. Jika sekolah siap, Djarum Foundation siap memberikan bantuan. Saat itu di Kudus ada 16 SMK yang mendapatkan bantuan.

“Kita ditantang buka Program Keahlian baru yang di masa depan bakal dibutuhkan. Kita ditawarkan dua Program Keahlian yang di Kudus belum ada, yakni animasi dan rekayasa perangkat lunak (RPL),” ujar Kepala Program Keahlian Animasi SMK RUS Rico Andriansyah M.Pd, baru-baru ini kepada LANGIT7.ID.

Baca Juga: Lulusan SMK Rintis Clothing Line di Tengah Pandemi Covid-19

Pihak sekolah pun menyanggupi tawaran dari Djarum Foundation. Tahun 2014 dibangunkan ruangan. Di sekolah tersebut belum ada satu pun guru yang menguasai animasi. Ini menjadi tantangan besar. Modalnya hanya semangat dan passion. Waktu itu ada 5 guru dari Program Keahlian Desain Komunikasi Visual dan beberapa siswa.

Kesiapan itu dibuktikan dengan membuat portofolio, berupa film Pasoa, yang harus diselesaikan guru-guru dan siswa-siswi. Mereka diberi waktu satu tahun, untuk menyelesaikan film Pasoa. Pembuatan film tersebut melibatkan siswa angkatan pertama, sebanyak 26 orang pada tahun 2015.

"Siswa kami awalnya tidak paham komputer, pegang mouse tidak bisa. Kita butuh support, akhirnya Djarum Foundation memberikan laboratorium animasi ini. Bisa untuk praktik, dan bikin filmnya,” kata Rico.

Pihak Djarum Foundation mendatangkan guru tamu, praktisi dari Industri ada dari Base Bali (sekarang Brown Bag Film Bali), MSV Studio Jogja, Infinite Studio Batam dan penulis animasi, Woody Woodman dari Disney, serta Masami Obari, director animasi dari Jepang.

Mentor tersebut didatangkan untuk mengajari guru-guru dan siswa selama hampir satu tahun. Guru-gurunya dilatih memproduksi film agar berkelanjutan dan bisa mandiri.

Awalnya masih mentor terbang, sebulan sekali, dua bulan sekali. Tapi ketika mendekati deadline film Pasoa dan Sang Pemberani, mentor menetap di SMK RUS. Tujuh orang mentor, dari MSV Jogja dan Infinite Studio Batam.

Dalam mengukur kualitas, indikatornya adalah bisa menjalankan teaching factory atau tidak. Setelah film Pasoa dan Sang Pemberani rampung, tantangan terbesarnya harus bisa menjalankan teaching factory, yakni menyelenggarakan pembelajaran sekolah, sekaligus mengelola industri animasi.

“Yang menilai klien. Kalau kita tidak bisa menciptakan kualitas, klien kita mundur. Kita tidak dapat project, ya sudah selesai,” cerita Rico.

Setelah menyelesaikan Pasoa, RUS Animation Studio menggarap film animasi berjudul Unstring Your Heart, yang bercerita tentang kehidupan di era tahun 1930-an di area Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang. Film ini masuk nominasi di Kansas International Film Festival di Amerika Serikat tahun 2020.

Selain itu juga membuat lagu anak-anak Go go Galaxy, dengan karakter astronot. Disusul Macan Muria, Merdeka Belajar yang tayang di channel Youtube RUS Animation Studio.

(bersambung)

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 14 Juni 2024
Imsak
04:29
Shubuh
04:39
Dhuhur
11:57
Ashar
15:17
Maghrib
17:49
Isya
19:03
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan