LANGIT7.ID, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memperkenalkan Kelana Ramadhan sebagai salah satu strategi pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia.
“Kalau saya mengatakan ‘Kata’ maka maksudnya adalah Kabupaten Kota Kreatif Indonesia. Kata ini adalah salah satu dari tiga program unggulan Kemenparekraf yang sudah saya
launching pada 18 Januari lalu,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/4/2022).
Baca juga: Sandiaga Uno Dukung Seniman Syiar Dakwah Melalui Seni KaligrafiDia berharap, pengembangan Kata di 514 kabupaten kota mampu membangkitkan ciri khas wilayah masing-masing dan memiliki kesepakatan subsektor unggulan. Dia optimistis, subsektor unggulan itulah yang akan menjadi peluang penggerak perekonomian rakyat.
“Program Kata ini diharapkan menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi kita dan mampu membuka peluang usaha serta lapangan kerja di daerah-daerah,” kata Sandiaga Uno.
Sanidaga berharap Kelana Ramadhan bisa menjadi langkah kecil dalam mengajak para pelaku usaha kecil menengah bidang ekonomi kreatif, untuk menjadi ujung tombak dalam menyosialisasikan program Pengembangan Kata Kreatif Indonesia.
“Sambutan yang luar biasa dari para pelaku ekraf selama pelaksanaan menjadi bukti bahwa Kelana Ramadhan hadir sebagai program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Artinya, peluang untuk membangkitkan ekonomi nasional juga semakin terbuka,” tutur Sandiaga.
Baca juga: Sandiaga Dorong Kerjasama untuk Wujudkan Target 1,4 juta WismanDirektur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, Hariyanto, menjelakan, Kelana Ramadhan merupakan bagian dari strategi program pengembangan Kabupaten Kota Kreatif Indonesia.
“Tujuan secara umum acara Kelana Ramadhan untuk mengakselerasi program pengembangan Kabupaten Kota Kreatif Indonesia,” ucap Hariyanto.
(jqf)