Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 03 Mei 2024
home masjid detail berita

Mana Lebih Utama, Baca Al Kahfi atau Shalawat di Hari Jumat

mahmuda attar hussein Jum'at, 03 Juni 2022 - 08:45 WIB
Mana Lebih Utama, Baca Al Kahfi atau Shalawat di Hari Jumat
Membaca surah Al Kahfi di hari Jumat. (Foto: Istimewa).
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Umat Islam diimbau membaca surah Al Kahfi dan memperbanyak shalawat di hari Jumat. Keduanya memiliki keutamaan masing-masing, sehingga sayang bila dilewatkan.

Anjuran membaca surah Al Kahfi terdapat dalam hadist Nabi. Dari Abu Said Al-Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Sungguh siapa yang membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat." (HR Al Hakim).

Makna cahaya di sini, menurut Imam An Nawawi yakni terhalang dari perbuatan buruk, karena diberikan petunjuk kebaikan selama dua kali Jumat atau dua pekan.

Sementara itu, Rasulullah juga menyarankan memperbanyak shalawat di hari yang mulia itu. Keduanya merupakan sunnah Nabi SAW, sehingga patut dicontoh seorang muslim.

Baca Juga: Disunnahkan Baca Al Kahfi, Ini Keutamaan 10 Ayat Pertama

"Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat kalian itu disaksikan oleh malaikat atau malaikat mendengarnya. Dan yang menyaksikan adalah malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan doa itu akan dihantarkan kepadaku, sehingga dia selesai bersholawat." (HR Ibnu Majah).

Dalam riwayat lain, Nabi SAW bersabda: "Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya 10 kali," (HR Baihaqi).

Perintah bershalawat juga tertuang dalam firman Allah SWT di dalam Al Quran Surat Al-Ahzab ayat 56. Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 03 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:49
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan