LANGIT7.ID, Jakarta - Ada 4 cara
berkomunikasi dengan staf untuk membuat suasana
bekerja tetap nyaman. Hal ini perlu diterapkan di level manajemen demi menjaga kualitas SDM.
Suasana kerja yang asyik dan menyenangkan pasti akan membuat para staf atau pegawai betah berlama-lama di kantor. Kualitas
pekerjaan dan produktifitas mereka pun meningkat.
Hal ini tak lepas dari
pola komunikasi atasan kepada bawahannya. Para pemimpin jangan berlagak bossy, tapi merangkul karyawan agar tetap loyal.
Pekerjaan yang berat terkadang terasa ringan bila memiliki pemimpin yang asyik dan mudah merangkul bawahannya. Ini yang nantinya menjadi alasan karyawan berat mengundurkan diri.
Baca Juga: Tidak Melulu Soal Gaji, Ini Penyebab Orang Resign dari PekerjaanBerikut 4 cara berkomunikasi kepada staf agar suasana bekerja tetap nyaman:
1. Pendengar yang BaikPimpinan harus menjadi pendengar yang baik, lalu pahami apa yang disampaikan bawahan. Sejumlah hal yang mereka katakan tak melulu dianggap alasan, karena bisa jadi merupakan ide untuk membangun bisnis perusahaan.
2. Berikan Istruksi JelasOrang yang berada di level manajemen harus memberikan instruksi jelas kepada bawahan atau stafnya. Tujuannya agar pekerjaan diselesaikan dengan visi misi spesifik, sebab tim paham apa yang diinginkan perusahaan.
3. ToleransiSeorang pemimpin harus memberikan toleransi kepada staf atau bawahan. Karena terkadang ada tugas atau pekerjaan yang sulit diselesaikan, sehingga mereka perlu waktu lebih. Tetap berikan semangat dan apresiasi kepada mereka.
4. Apresiasi PekerjaanPemimpin harus mengapresiasi pekerjaan staf dengan sanjungan, kepercayaan bahkan menjadikan orang-orang tersebut sebagai andalan perusahaan. Tak masalah bila sesekali mengajak mereka ngopi bareng.
(bal)