Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Ahad, 25 Februari 2024
home global news detail berita

Cek Fakta Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad SAW

mahmuda attar hussein Jum'at, 09 September 2022 - 10:00 WIB
Cek Fakta Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad SAW
Ratu Elizabeth II yang sempat dirumorkan keturunan Nabi Muhammad SAW. (Foto: History.com).
LANGIT7.ID, Jakarta - Mendiang Ratu Elizabeth II sempat dirumorkan keturunan Nabi Muhammad SAW. Kabar ini disampaikan seorang sejarawan asal Maroko, Abdelhamid al-Aouni pada 2018 lalu.

Informasi tersebut sempat tersiar di Inggris lewat The Daily Mail dan The Daily Express. Berita mengenai nasab Ratu Elizabeth II tersambung dengan Rasulullah SAW juga beredar di Timur Tengah, termasuk Al Ousboue di Maroko.

"Abdelhamid al-Aouni yang juga penulis Al Ousboue meyakini ada hubungan darah antara Ratu Elizabeth II dan Nabi Muhammad SAW." tulis laman History.com dikutip Jumat (9/9/2022).
Cek Fakta Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad SAW
Ratu Elizabeth II. (Foto: Al Jazeera).

Nasab Ratu Elizabeth II tersambung dengan Nabi Muhammad SAW ini awalnya digaungkan ahli silsilah bangsawan Inggris, Harold B. Brooks-Baker. Dia menyatakan ini kepada Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pada 1986.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Brooks-Baker mengatakan bahwa nasab ini tersambung dari selir Raja Leon, Alfonso VI, Zaida. Perempuan itu merupakan seorang muslim yang keluar dari Islam dan masuk Kristen pada abad ke-11.

Hal ini pun dibenarkan juga oleh al-Aouni. Dia dan Brooks-Baker sama-sama menitikberatkan bahwa Zaida, putri Abenabeth Ibn Abbad, Raja Sevilla menjadi penyambung antara Ratu Elizabeth II dan Rasulullah SAW.
Cek Fakta Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi Zaida, putri dari Raja Sevilla. (Foto: Pinteres.com).

Sebab hanya melalui Zaida lah sang raja mendapatkan keturunan. Tapi melansir History.com, belum ada catatan yang jelas mengenai benar atau tidaknya bahwa Zaida memiliki silsilah langsung keturunan Nabi Muhammad SAW.

Jurnalis Inggris-Amerika sekaligus penulis buku tentang Islam, The First Muslim: The Story of Muhammad, Lesley Hazleton mengatakan, klaim soal Ratu Elizabeth II merupakan keturunan Nabi SAW merupakan pelintiran.
Cek Fakta Ratu Elizabeth II Keturunan Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi silsilah Ratu Elizabeth II tersambung dengan Nabi Muhammad SAW. (Foto: Daily Mail).

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Putra Sulung Naik Takhta Jadi Raja Charles III

"Ini pelintiran antaragama yang bermaksud baik," kata Lesley Hazleton dikutip laman english.alarabiya.net.

Menurut dia, cerita hubungan darah antara Ratu Elizabeth II dan Nabi Muhammad SAW hanya lah reaksi terhadap demonisasi Islam di Barat, terutama di Amerika Serikat. Harapannya agar sang Ratu bisa menghormati agama Islam.

"Apa yang masih belum terjawab adalah mengapa teori yang belum dikonfirmasi ini muncul sekarang (2018)," ujar Hazleton.

Sebelumnya Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022) kemarin. Saat ini putra sulungnya, Pangeran Charles naik tahta menggantikan sang Ibunda, dan akan memerintah dengan nama Raja Charles III.

(bal)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Ahad 25 Februari 2024
Imsak
04:32
Shubuh
04:42
Dhuhur
12:09
Ashar
15:16
Maghrib
18:16
Isya
19:26
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan