alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home sosok muslim detail berita

Sulaiman Al-Rajhi, Miliarder Arab Saudi Kuras Kekayaannya untuk Beramal

Muhajirin Selasa, 11 Oktober 2022 - 16:35 WIB
Sulaiman Al-Rajhi, Miliarder Arab Saudi Kuras Kekayaannya untuk Beramal
Syekh Sulaiman Al-Rajhi di Majalah Forbes (foto: forbes)
LANGIT7.ID - Syekh Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi merupakan salah satu pengusaha dan miliarder asal Arab Saudi. Pria kelahiran 30 November 1928 itu dibesarkan dalam keluarga miskin yang diliputi kehidupan sulit. Karena kerja kerasnya, akhirnya jadi miliarder.

Setelah kaya, Syekh Sulaiman Al Rajhi bukan malah menikmati kekayaannya, namun justru mendedikasikan sebagian besar kekayaannya untuk amal. Melalui bank syariah yang dia dirikan, Sulaiman mendukung pekerjaan amal dan melaksanakan pembangunan proyek-proyek nasional untuk fasilitas publik.

Melansir Arabian Business, Sulaiman mendirikan Al-Rajhi Bank, yang dikenal sebagai bank syariah terbesar di dunia dan salah satu perusahaan terbesar di Arab Saudi. Sumber kekayaannya juga bersumber dari perusahaan kertas dan plastik serta saham di perusahaan investasi keluarga yang mempunyai proyek pertanian di Afrika dan Eropa Timur.

Baca Juga: Kisah Kiai Asep, Ulama yang Jadi Miliarder tapi Dermawan

Tidak hanya itu, dia juga memiliki aset lain senilai lebih dari 1 miliar dolar AS, termasuk Al Watania Poultry, salah satu peternakan unggas terbesar di Kawasan Teluk.

Sulaiman juga mendirikan Universitas Sulaiman Al Rajhi di kota kelahirannya. Fokus utama universitas itu pada bidang kesehatan dan perbankan Islam. Tetapi, ada juga fakultas lain.

“Sulaiman telah mempertahankan aset lain senilai lebih dari $1 miliar, termasuk Al Watania Poultry, salah satu peternakan unggas terbesar di Teluk,” tulis Arabian Business, dikutip Selasa (11/10/2022).

Awalnya, Sulaiman membantu orang yang tidak mampu melalui badan amal. Namun setelah berkonsultasi dengan para pakar dan ulama, pada 1983 dia memutuskan membangun yayasan sendiri khusus melakukan kegiatan amal.

Baca Juga: Azim Premji, Miliarder Muslim Bangun Organisasi Filantropi Terbesar di India

Yayasan yang didirikan itu mendukung sekira 1.200 proyek amal di 13 wilayah, termasuk lebih dari 130 kota besar dan kecil di seluruh Kerajaan Arab Saudi. Proyek itu dipilih berdasarkan kebutuhan masyarakat Saudi.

Syekh Sulaiman mendapatkan penghargaan internasional Raja Faisal atas pelayanannya kepada Islam, mendirikan bank syariah, dan kontribusi dalam memerangi kemiskinan.

Alasan Syekh Sulaiman mendedikasikan harta untuk amal sangat sederhana. Dia menganggap semua harta hanya titipan Allah semata. Dia juga ingin menumbuhkan persaudaraan dan cinta di antara anak-anaknya.

Baca Juga: Miliarder Inggris Bersaudara akan Bangun Pemakaman Muslim Terbesar di Eropa

Saat Covid-19 mewabah di Saudi, Syekh Sulaiman menyerahkan dua hotel miliknya di Mekkah untuk fasilitas penanganan covid-19. Dia juga menyumbangkan saham bank, peternakan unggas, perkebunan kurma, serta membangun universitas gratis kepada kaum dhuafa.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ يٰٓاَهْلَ الْكِتٰبِ تَعَالَوْا اِلٰى كَلِمَةٍ سَوَاۤءٍۢ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ اَلَّا نَعْبُدَ اِلَّا اللّٰهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهٖ شَيْـًٔا وَّلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا اَرْبَابًا مِّنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗ فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوا اشْهَدُوْا بِاَنَّا مُسْلِمُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim.”
QS. Ali 'Imran:64 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan