Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Jum'at, 29 Maret 2024
home global news detail berita

Kaya Manfaat Alasan Google Doodle Tampilkan Tempe Mendoan

Fifiyanti Abdurahman Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:26 WIB
Kaya Manfaat Alasan Google Doodle Tampilkan Tempe Mendoan
Google doodle menampilkan tempe mendoan. Foto: Istimewa.
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID - , Jakarta - Google Doodle menampilkan gambar Tempe Mendoan pada hari ini, Sabtu (29/10/2022). Ilustrasi tersebut merupakan karya artis tamu Reza Dwi Setyawan yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Doodle menampilkan Tempe Mendoan, salah satu olahan tempe yang ikonik dari masakan Indonesia dan dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada hari ini di tahun 2021.

Menurut keterangan situs resmi Google, alasan pemilihan tempe tersebut karena makanan fermentasi, yang dikenal sejak empat abad lalu ini mengandung protein nabati yang bergizi.

Baca juga: Google Doodle Kenang Rasuna Said, Pahlawan Muslimah Indonesia

Diketahui, tempe biasanya terbuat dari kedelai, tetapi dapat dibuat dari banyak kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang-kacangan lainnya dengan proses fermentasi yang sama.

Tempe pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa, ditulis dalam bentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814.

Orang-orang di seluruh dunia biasanya mengonsumsi tempe sebagai pengganti daging, dipadukan dengan nasi dan sayuran. Sebab, tempe menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan usus dan otak. Selain itu, tempe kaya akan nutrisi seperti protein, serat, prebiotik, dan vitamin B12.

Kayak akan manfaat ini yang membuat, makanan berbahan dasar kedelai yang diproses secara minimal tersebut menjadi pilihan populer bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia dan muncul di kalangan pecinta kesehatan di seluruh dunia.

Berbagai daun dapat digunakan untuk membungkus tempe selama fermentasi. Daun waru, jati, dan jambu adalah beberapa yang tertua, sedangkan daun pisang adalah yang paling populer di Indonesia.

Baca juga: Google Doodle Tampilkan Mangkuk Ayam Jago, Ini Artinya

Ada banyak cara untuk mengkonsumsi tempe, sebab rasanya yang enak. Namun, hidangan yang populer saat ini adalah tempe goreng.

Orang mengkonsumi tempe goreng biasanya dipadukan dengan berbagai jenis sambal (ditumbuk dan dibumbui cabai) dan kecap manis (kecap manis yang terbuat dari kedelai yang difermentasi).

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Jum'at 29 Maret 2024
Imsak
04:31
Shubuh
04:41
Dhuhur
12:01
Ashar
15:14
Maghrib
18:02
Isya
19:11
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سَبَّحَ لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah. Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.
QS. Al-Hadid:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan