Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Rabu, 01 Mei 2024
home sports detail berita

Gemar Bersedekah, Sadio Mane Raih Penghargaan Socrates Award

Muhajirin Sabtu, 29 Oktober 2022 - 17:44 WIB
Gemar Bersedekah, Sadio Mane Raih Penghargaan Socrates Award
Sadio Mane mendapatkan penghargaan Socrates Award (foto: latercera.com)
skyscraper (Desktop - langit7.id)
LANGIT7.ID, Jakarta - Pesepak Bola Muslim, Sadio Mane, mendapatkan penghargaan Socrates Award. Dia dinilai layak menerima penghargaan tersebut karena aktivitas sosial dan kemanusiaannya. Pemain asal Senegal itu dikenal sebagai sosok yang gemar bersedekah untuk kesejahteraan orang-orang miskin.

Penghargaan tersebut diinisiasi oleh France Football selaku penyelenggara untuk memberikan apresiasi kepada pesepak bola yang aktif di bidang sosial dan kemanusiaan dalam kebaikan.

Nama Socrates Award terinspirasi dari pemain legendaris asal Brasil, Socrates Brasileiro Sampaio de Souza. Dia terkenal karena kerja kemanusiaan selama hidupnya. Dia juga dikenal sebagai sosok yang ikut mendirikan gerakan Demokrasi Korintus untuk menentang pemerintah militer di Brasil pada 1980-an.

Baca Juga: Taat Perintah Agama, Sadio Mane Tak Angkat Bir saat Foto Tim Bayern Munchen

Socrates Award baru diadakan pada 2022, dan Mane menjadi orang pertama yang menerima penghargaan bergengsi itu. Penyelenggaraan Ballon d’Or memunculkan Socrates Award untuk mengakui pencapaian pemain sepak bola di luar lapangan.

Mane dinilai layak menjadi orang pertama yang menerima Socrates Award. Itu karena dia banyak berkontribusi untuk kegiatan amal di Senegal. Dia dibesarkan di sebuah desa kecil bernama Bambali. Setelah sukses menjadi pesepak bola, dia berupaya membantu warga di sana dalam beberapa tahun terakhir.

Kendati gagal menjadi pemain terbaik dunia 2022, namun Mane telah menunjukkan kepada dunia pentingnya kerja kemanusiaan. Mane dikenal dunia tidak hanya sekadar sebagai pemain bintang namun pemain yang mempunyai jiwa lapang.

Baca Juga: Alasan Sadio Mane Tak Mau Hidup Mewah dan Pilih Banyak Berderma

Mengutip Daily Mail, Mane menyumbangkan 445.000 poundsterling untuk membangun rumah sakit di desa Bambali. Pemain Bayern Munchen itu juga menyumbangkan uang untuk sekolah menengah, ditambah memberikan laptop gratis dan uang kepada siswa berprestasi di SMA Bambali.

Pemain berusia 30 tahun itu telah menyisihkan uang untuk membangun pompa bensin dan kantor pos. dia juga menyumbangkan 41.000 poundsterling kepada Komite Nasional Senegal saat pandemic Covid-19 melanda pada 2020.

Saat masih membela Liverpool, Mane juga membagikan 300 jersey Liverpool gratis kepada orang-orang di desanya untuk dipakai menjelang final Liga Champions 2018 melawan Real Madrid.

Baca Juga: Kedermawanan Sadio Mane, Rogoh Kocek Miliaran Sejahterakan Desanya di Afrika

"Saya sangat senang menjadi tamu malam ini. Terkadang saya agak malu, tapi saya sangat senang melakukan apa yang bisa saya lakukan untuk orang-orang dan membuat segalanya lebih baik," kata Mane, setelah menerima penghargaan Socrates Award, Selasa (18/10/2022).

Mane dipanggil ke atas panggung oleh Didier Drogba, yang merupakan salah satu presenter penghargaan pada malam itu. Mantan striker Chelsea itu juga telah dipuji selama bertahun-tahun atas pekerjaannya membantu anak-anak yang kurang beruntung di Pantai Gading.

(jqf)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Rabu 01 Mei 2024
Imsak
04:26
Shubuh
04:36
Dhuhur
11:53
Ashar
15:14
Maghrib
17:50
Isya
19:00
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan