alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Selasa, 07 Februari 2023
home global news detail berita

Dewan Da'wah Kirim 102 Da'i ke Daerah Pedalaman dan Perbatasan

Andi Muhammad Jum'at, 04 November 2022 - 17:20 WIB
Dewan Da'wah Kirim 102 Da'i ke Daerah Pedalaman dan Perbatasan
Dewan Dawah Kirim 91 Dai ke Daerah Pedalaman dan Perbatasan. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia kembali mengirimkan para juru da'wah (da'i) ke pedalaman Indonesia. 102 da'i lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Da'wah (STID) Mohammad Natsir ini akan ditempatkan di berbagai wilayah terluar, terpencil, dan daerah perbatasan.

Sekretaris Umum Dewan Da'wah, Ustaz Avid Solihin menjelaskan, sejak awal didirikan pada tahun 1963, Dewan Da'wah konsentrasi pada penempatan para da'i di daerah. Menurut dia, tujuan tersebut terdiri dari lima hal.

"Pertama, mengawal akidah umat. Karena di daerah itu sangat membutuhkan bimbingan dari para asatidz untuk menyelamatkan mereka dari penyimpangan akidah," kata Ustaz Avid dalam sambutannya di Masjid Al-Furqon, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2022).

Kedua, yakni menegakkan syariah. Ia menjelaskan bahwa syariah adalah aturan dari Allah dan diterapkan serta diajarkan oleh Rasulullah Saw. "Bagaimana para da'i misalnya, mengajarkan doa-doa, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi," ujarnya.

Baca Juga: STID Mohammad Natsir Wisuda 91 Dai, Ini Pesan Ketum Dewan Da’wah

Keempat, tujuan penempatan da'i di daerah adalah sebagai perekat ukhuwah. Ustaz Avid berpesan kepada para da'i agar kehadiran da'i Dewan Da'wah di mana pun berada jangan sampai menimbulkan perpecahan umat.

"Perbedaan-perbedaan furu'iyah itu untuk memperkaya khazanah kita, tetapi perbedaan jauh berbeda dengan penyimpangan, penyimpangan itu tentu harus diluruskan dan tidak bisa di toleransi. Bedakan dan fahami mana yang dimaksud dengan perbedaan dan penyimpangan," ujarnya.

Keempat, mengokohkan NKRI. Ustaz Avid menyebutkan, salah satu pencetus Mosi Integral yang berhasil mengembalikan NKRI ke pangkuan ibu pertiwi adalah Mohammad Natsir. Dan kelima, mendukung solidaritas dunia Islam.

"Oleh karena itu, pesan kami kepada 90 dai yang hari ini dikirim ke daerah-daerah terluar, pinggiran, dan pedalaman, luruskan niat untuk melaksanakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar. Mudah-mudahan kalimat la ila ha IllaAllah ini sampai dan diterima oleh masyarakat pedalaman," tutur dia.

"Awalilah dengan niat yang baik dan niat ikhlas, maka kita akan mendapatkan dua hal. Pertama rida Allah dan kedua rezeki yang kita inginkan," imbuhnya.

Kegiatan pelepasan da'i ini bertajuk "Menebar Guru Ngaji, Mencerdaskan Umat, dan Menguatkan NKRI." Pelepasan ini terselenggara atas dukungan dan kontribusi para donatur, di antaranya YBM PLN, Baznas, Bazma, Paragon Corp, Bank Mega Syariah, BKMT Toyota, Laznas Dewan Da'wah, Amanah Takaful, Hudaya Safari, dan ABIYU.

Baca Juga: Tanah Karo, Saksi Kisah Perjuangan Dai dan Minoritas Muslim

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Selasa 07 Februari 2023
Imsak
04:28
Shubuh
04:38
Dhuhur
12:10
Ashar
15:27
Maghrib
18:20
Isya
19:32
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
سُبْحٰنَ الَّذِيْٓ اَسْرٰى بِعَبْدِهٖ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ اِلَى الْمَسْجِدِ الْاَقْصَا الَّذِيْ بٰرَكْنَا حَوْلَهٗ لِنُرِيَهٗ مِنْ اٰيٰتِنَاۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ
Mahasuci (Allah), yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidilharam ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.
QS. Al-Isra':1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan