alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home community detail berita

Haji Syuhada: Landasan Pergerakan Muhammadiyah Bersifat Universal

Andi Muhammad Senin, 07 November 2022 - 14:44 WIB
Haji Syuhada: Landasan Pergerakan Muhammadiyah Bersifat Universal
Haji Syuhada: Landasan Pergerakan Muhammadiyah Bersifat Universal. Foto: Istimewa.
LANGIT7.ID, Jakarta - Ketua Pimpinan Muhammadiyah Jawa Barat, Haji Syuhada mengatakan, landasan pergerakan Muhammadiyah bersifat universal. Artinya tidak hanya untuk kaum muslim saja, tetapi juga non muslim bisa mendapatkan fasilitas pelayanan dari Muhammadiyah.

Hal tersebut diungkapkan dalam acara Karnaval dan Jalan Sehat: Gebyar Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah bertajuk Semangat Bermuktamar dalam Kegembiraan dan Optimisme' di Green Boulevard Grand Wisata, Bekasi.

"Semua agama, latar belakang sosial di Muhammadiyah memiliki pelayanan yang sama. Kita membangun universitas Muhammadiyah di Irian, Papua. Uniknya, 80 persen non muslim, tetapi kita buat dan layani itu semua," kata Haji Syuhada, kemarin (6/11/2022).

Syuhada pun menuturkan, beberapa waktu lalu Muhammadiyah turut membangun sebuah Rumah Sakit di Kota Bandung. Peresmian dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca Juga: Selain NU, Organisasi Kristiani Ikut Jalan Sehat Muhammadiyah

"Insya Allah nanti pasiennya tidak hanya orang muslim saja, siapapun yang membutuhkan pertolongan rumah sakit tidak hanya dikhususkan untuk muslim saja," ujarnya.

Dia turut mengingatkan bahwa seluruh manusia di muka bumi harus berbuat baik tanpa pandang bulu, terlebih kepada saudara sebangsa. Ungkapan tersebut selaras dengan sabda Nabi SAW yang artinya:

"Orang-orang yang ada rasa Rahim akan dirahmati oleh Tuhan yang maha Rahman, yang memberikan berkat dan Mahatinggi. Sayangilah orang-orang yang di bumi supaya kamu disayangi pula oleh yang di langit." (HR Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, dan al Hakim dari Abdullah bin Umar).

Tak sampai di situ, Haji Syuhada menuturkan bahwa Muhammadiyah memiliki hubungan yang sangat erat dengan TNI. Sebagaimana yang tertuang dalam sejarah Indonesia.

"Pada diri Muhammadiyah itu mengalir darah TNI, dan di TNI mengalir darah Muhammadiyah. Siapa itu? Itu adalah Jenderal Sudirman," jelasnya.

(zhd)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ ࣖ
Katakanlah, “Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”
QS. Al-Jumu'ah:8 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan