alexametrics
Langit7.id - Dakwah, Al-Quran, Berita Terkini dan Tafsir
Dapatkan Update berita LANGIT7.ID
melalui notifikasi browser Anda.
kalender Sabtu, 26 November 2022
home lifestyle muslim detail berita

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional

Fifiyanti Abdurahman Kamis, 10 November 2022 - 18:50 WIB
7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Ilustrasi. Foto: Istimewa
LANGIT7.ID - , Jakarta - Setiap tanggal 10 November, masyarakat Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa-jasanya yang sudah berjuang untuk memerdekakan Indonesia dari penjajah.

Meski telah gugur, pahlawan-pahlawan Indonesia itu memiliki keturunan yang berkiprah di dunia hiburan Tanah Air. Lantas siapa saja mereka?

Baca juga: Sejarah Singkat 8 Pahlawan di Mata Uang Rp1.000-Rp100.000


Dian Sastrowardoyo

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Dian Sastrowardoyomerupakan salah satu publik figur yang berasal dari keturunan pahlawan. Ia adalah cucu dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo, yakni sosok penting dibalik Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II Tanah Air.


Maia Estianty

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Ibu dari AL, El, dan Dul ini merupakan cicit Raden Hadjie Oemar Said Tjokroaminoto atau HOS Cokroaminoto dan cucu dari Oetari Tjokroaminoto, istri pertama Presiden Soekarno. Hal tersebut, diketahui dari unggahan di Instagram pribadinya.

"Nenek saya ini, Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Presiden RI yg pertama, Soekarno," dikutip dari @maiaestianty, Kamis (10/11/2022).


Asri Welas

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Aktris dan komedian Asri Welas juga mengalir darah pahlawan, Pangeran Diponegoro. Asri mengungkapkan fakta ini berdasarkan cerita dari sang eyang, bahwa dirinya keturunan ketujuh dari Pangerang Diponegoro.

Baca juga: 8 Pahlawan Pejuang Kemerdekaan Indonesia dari Kalangan Santri

Diketahui, Pangeran Diponegoro merupakan pahlawan yang dikenal sebagai Perang Jawa selama periode 1825 hingga 1830 melawan pemerintahan Hindia Belanda.


Karina Salim

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Penyanyi dan artis peran Karina Salim juga termasuk salah satu publik figur yang berasal dari keturunan pahlawan. Dalam beberapa wawancaranya, wanita mungil itu mengungkapkan, bahwa ia menyadari dirinya keturunan langsung dari pahlawan nasional, Haji Agus Salim ketika duduk di bangku sekolah dasar.

H. Agus Salim merupakan tokoh yang juga terlibat dalam kemerdekaan Indonesia. Ia menjadi anggota Panitia Sembilan dan BPUPKI. Selain itu, pada masa jabatan presiden Ir Soekarno ia pernah menjabat Menteri Luar Negeri.


Celine Evangelista

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Tahun 2019 lalu, Celine Evangelista pergi ke Makassar untuk mengunjungi makam sang kakek, Haji Fadeli Luran. Fadeli merupakan sosok pemersatu umat Islam di Sulawesi Selatan. Kakek Celine ini pun dikenal sebagai anggota militer, pejuang yang pernah menjadi Komandan Batalyon di Sulawesi.

Baca juga: Mengenang Abdoel Moeis, Pahlawan Nasional Pertama di Indonesia

"Pulang ke Makassar kampung kakekku. Ziarah ke makam kakek buyutku Haji Fadeli Luran, ke kakek kandungku Sultani Fadeli Luran dan keluarga yang lain semoga selalu dilapangkan kuburnya & diampuni segala dosanya. Doa kami selalu menyertai," tulis Celine di akun Instagramnya, dikutip Kamis (10/11/2022).


Dewi Yull

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Penyanyi senior Dewi Yull merupakan cicit dari tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia, RM Tirto Adhisoerjo. Kakek buyut Dewi Yull ini merupakan pendiri Media Prijaji, surat kabar pertama di Indonesia.

Di tahun 1973, pemerintah memberi gelar RM Tirto Adhisoerjo sebagai Bapak Pers Nasional. Kemudian pada 3 November 2006, diberi gelar Pahlawan Nasional melalui Keppres RI No. 85/TK/2006.


Nia Dinata

7 Selebritas Wanita Ini Keturunan Pahlawan Nasional
Sineas kenamaan Indonesia, Nia Dinata adalah cucu dari Pahlawan Nasional yang dijuluki Jalak Harupat, Otto Iskandardinata. Kakek Nia pernah menjabar di organisasi Budi Utomo, Paguyuban Pasundah, Volksraad (Dewan Rakyat), hingga menjadi anggota BPUPKI dan PPKI.

Otto Iskandardinata diangkat menjadi Pahlawan Nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 088/TK/Tahun 1973, tanggal 6 November 1973.

(est)
  • Bagikan Artikel Ini :
TOPIK TERKAIT
BERITA TERKAIT
right-1 (Desktop - langit7.id)
jadwal-sholat
Jadwal Sholat
JAKARTA, Sabtu 26 November 2022
Imsak
03:56
Shubuh
04:06
Dhuhur
11:43
Ashar
15:07
Maghrib
17:56
Isya
19:10
Lihat Selengkapnya
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.
QS. Al-Ikhlas:1 Langit 7 Cahaya Menuju Kebaikan